panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Hukum
24 Mei 2013
KPK Belum Bisa Periksa 45 Nama
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan, data yang menyebut 45 nama penerima dana dari Ahmad Fathanah bukan berasal dari lembaganya. KPK pun belum dapat memastikan kebenaran data yang beredar di sejumlah media mengenai nama-nama penerima tersebut.

Hal ini menyusul beredarnya nama 45 perempuan yang disebut mendapatkan uang dari Fathanah sejak Maret 2004 hingga Februari 2013 dengan jumlah bervariasi mulai Rp1 juta hingga Rp2 miliar.

‘’Data itu bukan dari KPK, jadi kami tidak tahu dan nama-nama itu dari mana dan belum tentu sama dengan nama-nama yang diberikan dari hasil analisis Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) ke KPK,” kata Kepala Biro Humas KPK Johan Budi Sapto Prabowo, Kamis (23/5). Karenanya, dia juga tidak dapat memastikan apakah semua nama tersebut akan diperiksa atau tidak.

Nama-nama tersebut di antaranya ada sejumlah perempuan yang pernah dipanggil KPK seperti Dewi Kirana, Linda Silviani (istri dari Ahmad Zaki yaitu asisten pribadi mantan presiden Partai Keadilan Sejahtera Lutfhi Hasan Ishaaq), istri ketiga Fathanah Sefti Sanustika serta penyanyi dangdut Tri Kurnia Rahayu.

Hak Anak

Sementara itu, menyinggung bakal diperiksanya Darin Mumtazah oleh KPK pihak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (Komnas PA) siap mendampinginya.
‘’Sudah dipanggil dua kali dan tidak datang. Bisa jadi dia sedang ketakutan,’’ kata Ketua Arist Merdeka Sirait. Lembaganya meminta KPK harus dapat menghormati hak anak, minimal dengan melakukan dua hal, yaitu menghargai hak anak dan disediakan pendamping selama pemeriksaan.

Terpisah, psikolog Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto mengatakan, dalam kasus korupsi yang melibatkan anak diperlukan mediator. Tujuannya untuk menghindari potensi pelanggaran hak-hak anak. (J13,D3-90)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER