panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Muria
24 Mei 2013
Jalur Pantura Dipasangi CCTV
  • Tersebar di Delapan Titik

REMBANG - Lalu lintas kendaraan di delapan titik Pantura Kabupaten Rembang akan dipantau melalui CCTV (closed-circuit television). Pemasangan CCTV ini, menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Rembang Hamzah Fatoni, penting untuk memantau keamanan dan kelancaran lalu-lintas di jalur Pantura.

Hamzah mengatakan, Kabupaten Rembang memiliki jalur Pantura terpanjang mencapai 65 km. ''Ada 55 persen wilayah Rembang yang dilintasi Pantura. Karena mobilitas penduduk yang cukup tinggi membuat kepadatan lalu lintas di wilayah itu juga tinggi,'' katanya, Kamis (23/5).

Sekda menambahkan, perangkat CCTV rencananya akan dipasang di delapan titik yaitu Pantura Kaliori, perbatasan Kota Rembang bagian timur dan barat, Tugu Adipura, serta Pasar Rembang. Tiga titik lainnya tersebar di jalur Pantura Lasem, Kragan dan Sarang.

Pemasangan CCTV, lanjut dia, akan bekerja sama dengan aparat Satuan Lalu Lintas Polres Rembang. Hamzah mengatakan, tujuan pemasangan CCTV ini juga untuk membantu aparat keamanan dalam rangka memantau arus lalu lintas dan kemacetan. Perangkat ini juga penting untuk mendeteksi kemungkinan ancaman gangguan keamanan di sepanjang jalur Pantura.

''Pemasangan CCTV mendesak untuk segera dilakukan menyusul rencana masuknya sejumlah investor besar di sektor produksi semen dan baja. Selain itu, sejumlah aset vital di sepanjang Pantura seperti PLTU dan PUN juga perlu dipantau keamanannya,'' jelasnya.

Dibiayai APBD

Disinggung biaya pengadaan perangkat CCTV di delapan titik itu, Hamzah mengatakan, kemungkinan besar akan dialokasikan pada APBD Kabupaten Rembang. ''Akan kami koordinasikan dengan Polres Rembang, namun tidak menutup kemungkinan akan dibiayai daerah (APBD-Red) karena ini menyangkut kepentingan masyarakat juga,'' jelasnya.

Kasatlantas Polres Rembang AKP Sugino mendukung rencana pemasangan CCTV di delapan titik Jalur Pantura Rembang. Apalagi angka kecelakaan di jalur itu menunjukan tren peningkatan. ''CCTV akan memudahkan  pemantauan potensi kemacetan, kecelakaan atau tabrak lari, hingga mengantisipasi tindak kriminalitas, maupun melacak pelakunya,'' jelasnya.

Pemasangan CCTV juga bisa bermanfaat ganda karena bisa diakses langsung warga melalui jaringan internet. ''Secara langsung juga bisa untuk promosi daerah. Agar pemasangan lancar perlu koordinasi dengan banyak pihak seperti PLN untuk penyediaan listrik, Telkom untuk jaringan internetnya, hingga Dishubkominfo,'' jelasnya. (H62-42,47)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER