panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
11 Mei 2013
PPNI Luncurkan Jurnal Keperawatan

SEMARANG - Perkembangan teknologi keperawatan terus berkembang. Kondisi ini harus disikapi oleh mereka yang berprofesi sebagai perawat untuk meningkatkan kompetensi.

Dengan teknologi yang makin maju, seorang perawat tidak hanya bekerja berdasar rutinitas tetapi sekarang menjadi profesionalitas yang ditunjang dengan skill yang mumpuni.

Karena itu, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jateng membuat enam jurnal yang ditujukan untuk menyebar luaskan hasil penelitian bidang keperawatan. ’’Dengan jurnal ini, diharapkan perkembangan ilmu di dunia keperawatan bisa cepat diserap oleh perawat atau pun calon perawat yang ada di bangku kuliah,’’ kata Ketua PPNI Jateng Edi Wuryanto saat peluncuran jurnal di sela-sela Musyawarah Nasional PPNI Jateng di Balai Diklat Jateng, Srondol, kemarin.

Enam jurnal itu adalah Keperawatan Anak, Jiwa, Medikal Bedah, Komunitas, Manajemen Keperawatan, dan Maternitas. Dengan adanya jurnal ini, diharapkan bisa menambah peran perawat dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak, penderita TBC, dan angka pasung khususnya di Jateng.

Standar Kompetensi

’’Organisasi profesi mempunyai peran yang strategis dalam meningkatkan kompetensi profesi nurse. Salah satunya dengan mengelola jurnal ini,’’ tandasnya.

Jurnal ini, imbuh Edi, tak hanya untuk perawat. Institusi pendidikan dalam hal ini mahasiswa keperawatan. Kepala Dinas Kesehatan Jateng dokter Anung Sugihantono menambahkan, sekarang ini institusi pendidikan perawat cukup banyak di Jateng. Sayang­nya, belum semua mempunyai standar kompetensi yang sama. ’’Hal ini dipengaruhi oleh kualitas pengajar yang tak sama,’’ jelas Anung.

Untuk mengembangkan ke­mam­puan, menurutnya, memerlukan update data dan pengetahuan. ’’Jurnal ini bisa diakses bukan saja oleh perawat dan mahasiswa. Tenaga pengajar bisa mengaksesnya,’’ jelas dia.(H41-72)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER