panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
11 Mei 2013
Dekase Gelar Kompetisi Tari Garapan

SEMARANG - Ingin kembangkan tari garapan, Dewan Kesenian Semarang (Dekase) gelar kompetisi. Kegiatan tersebut menurut rencana akan dilangsungkan minggu depan (14/5) di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS). Kompetisi tersebut akan diikuti 13 kelompok yang sudah mendaftar ke panitia.

"Pada temu teknik hari ini (kemarin), kami mendapat kepastian 13 peserta akan bersaing di kompetisi nanti," jelas Ketua Dekase, Mulyo Hadi Purnomo, saat ditemui usai temu teknik.

Jumlah itu cukup menggembirakan mengingat di Semarang masih sedikit sanggar tari yang mengembangkan tari garapan. Sebagian besar dari mereka ber­konsentrasi pada tari tradisi saja.

Lebih lanjut, dosen Fakultas Ilmu Budaya Undip tersebut me­ngatakan, kegiatan tersebut bisa dikatakan pembuka kerja kepe­ngerusannya di tahun ini.

Dia ber­terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung kegiatan itu hingga terlaksana nanti.

Tiga Juri

Sementara itu, salah satu pengurus komite tari, Anik Purwati, menjelaskan, karya yang ditam­pilkan nanti merupakan garapan hasil cipta karya sendiri, baik bersifat tradisi, modern, maupun kontemporer.

Lama pementasan minimal lima menit dan maksimal sepuluh menit.

Musik pengiring tari dibe­baskan, bisa bersumber dari rekaman atau tidak.

Tiga juri yang dipilih pihaknya yakni akademisi sekaligus penari Tety Yuliani SPd dari UNY dan Dra Malarsih MPd dari Unnes. Selain itu, juga jurnalis Suara Merdeka, Sony Wibisono.

"Meski bersifat kompetisi, kami sebenarnya tidak hanya berpikir soal perlombaan saja. Yang lebih penting, pada acara nanti semua pihak, baik sanggar maupun ma­syarakat penikmat tari bisa bertemu dan saling berkomunikasi. Mereka bisa berdialog satu sama lain, sehingga diharap bisa membangun iklim kesenian ke arah yang lebih baik," jelasnya.

Para peserta sendiri tampak siap untuk tampil pada lomba nanti. Sebagian dari mereka menyatakan telah menyiapkan karya yang istimewa dan siap mengejutkan para juri serta penonton nanti. (H35,H71-72)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER