panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Wacana
23 April 2013
Surat Pembaca
Imbauan untuk Bupati Semarang
Sejak dimulainya pembangunan peningkatan jalan Bawen-Semarang sepanjang 22,7 kilometer yang direncanakan selama 863 hari, kini perjalanan dari Bawen ke Ungaran dan sebaliknya, sudah tidak bisa di-prediksi waktu tempuhnya. Pan-jang jalan yang hanya belasan kilometer, sulit bisa ditempuh kurang dari 90 menit. Saya beberapa kali harus duduk di bus antara 2,5-3 jam untuk perjalanan Salatiga-Banyumanik yang jaraknya 34 kilometer, bahkan beberapa kali hampir 4 jam.

Penyebab utama antara lain, kontraktor minim peralatan, sehingga pengecoran hanya beberapa meter untuk tiap tahap. Setelah beton agak keras baru memindahkan peralatan serupa ke tempat berikutnya. Waktu pelaksanaan selama 24 jam tidak efektif, karena menghambat ratusan ribu warga yang pergi pulang ke pabrik, kantor di Se-marang dan sekitarnya. Truk tronton dan truk gandeng yang sudah tidak laik jalan lebih sering mogok, sehingga sering jadi penyebab kemacetan parah.

Kemacetan lalu lintas itu jelas merugikan ratusan ribu orang, maka saya mohon dengan hormat agar Bapak Bupati Semarang, Mundjirin segera bertindak tegas. Langkah itu antara lain, kontraktor wajib menambah peralatan untuk cor. Dari jam 06.00-10.00 pekerjaan harus dihentikan.

Truk tronton, gandeng, truk pasir, tidak boleh melintas dari Bawen sampai Ungaran pada jam 06.30-09.00.
Larangan melintas supaya dipasang pada tanjakan Bawen, jembatan penyebrangan Apacinti, jembatan Babadan, Undaris, serta tempat-tempat lain yang strategis.

Menghentikan truk dan kontraktor jalan beberapa jam untuk memberikan kemudahan bagi ratusan ribu warga yang sama-sama punya hak hidup, perlu lebih diutamakan dan dikedepankan. Perlu pula anjuran untuk menghindari Bawen dengan mengalihkan kendaraan lewat Asinan, Ambarawa, Bandungan tembus Lemahbang, dan sebaliknya bukan solusi cerdas, sebab kelas jalan tidak mendukung, apalagi bila berpapasan dengan bus atau truk.

Waktu tempuh juga lama sehingga menguras bahan bakar kendaraan. Kemudian aparat Dinas Perhubungan hendaknya tidak lagi meloloskan kendaraan tua beroperasi di jalan umum dan diminta diremajakan.

H Muhammad Djam'an, MPd
Jl KH Abdul Syukur Nomor 65
Mangunsari, Sidomukti
Kota Salatiga
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER