panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
22 April 2013
Bahasa Daerah Minimal hingga SMA
SOLO - Pelajaran bahasa ibu atau bahasa daerah seharusnya diberikan paling tidak sampai tingkat sekolah menengah. Materi tersebut juga harus dipertahankan  dan berdiri sendiri.

‘’Bahasa daerah merupakan salah satu faktor pembentuk karakter manusia. Ini yang dilupakan banyak orang,” kata pakar sejarah Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Anhar Gonggong.

Dengan latar belakang tersebut, dengan tegas ia menolak penghapusan bahasa ibu, yakni bahasa daerah maupun pengintegrasian materi ini ke dalam seni dan budaya dalam kurikulum terbaru 2013.

Menurutnya, bahasa daerah yang muncul ribuan tahun sebelumnya dalam sejarah seharusnya tetap dipertahankan dan berdiri sendiri sebagai mata pelajaran tersendiri, yakni bahasa daerah.
Sebab, bahasa daerah merupakan salah satu faktor pembentuk karakter manusia yang di dalamnya terdapat nilai-nilai moral yang bisa diteladani.

Sementara budayawan dari Keraton Surakarta KGPH Dipokusuma mengemukakan, bahasa ibu adalah bahasa pertama yang dipelajari seseorang dari lahir.
 Menurutnya, kepandaian dalam bahasa ibu sangat penting untuk proses belajar berikutnya, karena dianggap sebagai dasar cara berpikir.

Bahasa ibu di Keraton Surakarta perlu perhatian. Semakin menurunnya jumlah pengguna bahasa Jawa serta berkurangnya pengaruh keraton sebagai pusat kebudayaan, disebabkan oleh perubahan sistem nilai masyarakat.
Pembicara lain, pakar kebahasaan UNS Edi Subtoro mengemukakan, pembelajaran bahasa Jawa di sekolah tidak dapat diandalkan untuk mengembangkan bahasa daerah, karena adanya dominasi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi.

Selain itu, situasi pemakaian bahasa di luar sekolah tidak mendukung. Dia juga prihatin terhadap kompetensi guru bahasa Jawa yang mayoritas masih meragukan. (G18-37)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER