panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
17 April 2013
Cerita Sukses Alumni Unissula

SEMARANG- Alumni Unissula Semarang banyak yang sukses selepas kuliah. Cerita sukses itu mengemuka ketika sejumlah alumnus dihadirkan dalam pembekalan wisuda S-1 dan D-3 ke-65 Unissula, kemarin. 

Salah satu alumnus paling menonjol adalah Kepala Cabang  (Kacab)  Utama Bank Jateng Susanto SE MM yang  memaparkan cerita sukses perjalanan hidupnya.

”Dengan sulitnya mencari pekerjaan, diharapkan para mahasiswa yang sudah menjadi sarjana punya bekal kreativitas untuk mendapatkan pekerjaan. Kreativitas harus dipupuk mulai sekarang,” katanya.

Alumnus angkatan tahun 1980 itu menawarkan konsep bernama ATM. Hal itu berawal dari pengolahan ide kreativitas bertahun-tahun. ATM ternyata kependekan dari istilah amati tiru dan modifikasi setiap ada tantangan baru. Konsep ATM diterapkan dalam menekuni profesi. Kariernya terus menanjak. Dari semula hanya karyawan biasa sekarang menduduki salah satu posisi puncak. 

Menjabat kacab dan mengelola aset ratusan miliar, dirinya berkesempatan keliling dunia. Dia menularkan ilmunya, karena bangga melihat 780 mahasiswa yang akan diwisuda dan bakal bersaing mendapatkan pekerjaan pada tahun 2013.

Wirausaha

Alumnus S-2 Unissula yang kini menjabat Pimpinan Nasmoco Kaligawe Semarang Ir Hanfy Sholeh mengemukakan, mahasiswa harus optimistis menatap masa depan. Selain itu, penting menanamkan pola pikir wirausaha supaya tidak semuanya bergantung menjadi PNS.  

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unissula Jawade Hafidz SH MH mengatakan, alumni Unissula harus punya orientasi jelas terhadap masa depan, sehingga jangan terlalu lama di rumah kalau sudah diwisuda. 

Dikatakan, lulusan perguruan tinggi sudah memiliki cukup bekal intelektualitas, sehingga bisa menghadapi kerasnya persaingan hidup, termasuk mencari pekerjaan. Namun, untuk meraih sukses di tengah ketatnya persaingan hidup dibutuhkan keberanian membuat keputusan besar yang tegas dan cermat. 

Jawade juga memotivasi calon peserta wisuda untuk menekuni bidang wirausaha. Dewasa ini persaingan makin ketat dan pilihan menjadi wirausaha sesungguhnya merupakan pilihan yang masih sangat luas meskipun hal itu tidak banyak yang meminati. Faktanya, kata dia, negara yang maju perekonomiannya adalah negara yang penduduknya menaruh perhatian lebih besar terhadap bidang wirausaha. Wirausaha meru- pakan pekerjaan yang sangat cair, artinya bisa dilakukan oleh siapa pun dan kapan pun, termasuk oleh lulusan perguruan tinggi. (H41,C27-37)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER