panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
03 April 2013
Bibit: Tsunami Paling Berbahaya
SEMARANG - Jawa Tengah memiliki potensi bencana alam yang tinggi. Setidaknya ada tiga macam bencana alam besar yang kemungkinan terjadi, yakni meletusnya Gunung Merapi, gas beracun di Kawah Timbang Gunung Dieng, dan potensi tsunami di pantai selatan (Kabupaten Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Wonogiri).

Tsunami paling berbahaya dibandingkan dua jenis bencana lainnya. Pasalnya, terjangan gelombang laut itu terjadi sangat cepat. Jumlah korban pun bisa sangat banyak, mengingat gelombang tsunami bisa mencapai jarak tujuh kilometer dari pantai. Hal itu dikatakan Gubernur Bibit Waluyo saat memberi pembinaan kepada Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Balai Merapi, kompleks PRPP Semarang, Selasa (2/4).

"Memang sudah ada protap (prosedur tetap) untuk mengantisipasi. Tapi tsunami paling berbahaya karena terjadi dalam hitungan menit dan bisa menyapu apa saja di pantai," kata Bibit.

Dua bencana lainnya juga berpotensi menimbulkan kerugian besar, namun upaya penanganannya bisa dilakukan lebih awal karena sebelumnya ada tanda-tanda. Misalnya, letusan Gunung Merapi didahului keluarnya guguran lava, tumbuhan di sekitar gunung layu, suhu meninggi, dan muncul suara gemuruh. Tanda-tanda bencana juga terlihat di Kawah Timbang.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jateng Budi Wibowo mengatakan, Tagana Jateng akan melakukan bakti sosial berupa penanaman 22.200 bibit pohon untuk memperingati hari jadi ke-9. Sebanyak 12.200 bibit mangrove ditanam di 16 kabupaten/kota dan 10.000 bibit sengon di 19 kabupaten/kota.

Acara kemarin dihadiri 1.203 personel dari total 1.377 anggota Tagana Jateng. Jumlah anggota Tagana di seluruh Indonesia 30.000 orang, 29.000 di antaranya merupakan personel aktif. (H81,H68,J17-59)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER