panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Kedu
23 Maret 2013
Didukung, Pencabutan Izin Hugo’s Kafe
  • Lokasi Penahanan Tersangka Dipindah

SLEMAN - DPRD Sleman mendukung rekomendasi Polda DIY terkait penutupan Hugo’s Cafe. Pasalnya, tempat hiburan yang berlokasi di Jalan Adisutjipto km 8, Maguwoharjo, Depok itu dinilai tidak mampu memberi keamanan bagi masyarakat.

Dalam kurun empat bulan terakhir, di area kafe tersebut terjadi dua kasus penganiayaan berujung korban tewas. Peristiwa pertama terjadi Desember 2012, dengan korban seorang mahasiswa asal Bali bernama Aditya Bisma.

Kasus terakhir menimpa anggota Kopas­sus Kandang Menjangan, Sertu Santoso. Peristiwa pada Selasa (19/3) dini hari itu menyeret empat tersangka, yang salah satunya merupakan mantan polisi.

“Kasus ini tidak bisa ditolerir karena sudah berulang kali terjadi di lokasi sama. Pemkab harus tegas mencabut izin operasionalnya,” tandas anggota komisi C DPRD Sleman, Huda Tri Yudiana, Jumat (22/3).

Ketua Komisi D, Sofyan S Darmawan menambahkan, dalam evaluasi persoalan ini Pemkab semestinya tidak hanya mengacu pada perizinan awal. Faktanya, dalam perkembangan kafe itu tidak mampu menciptakan suasana kondusif.

“Dalam perizinan disebutkan, harus menciptakan suasana baik. Karena itu jika nantinya ditemukan indikasi kurang memuaskan, sebaiknya izin dicabut,” kata Sofyan.

Sebelumnya, Kapolda DIY Brigjen Sabar Rahardjo menyatakan akan mengeluarkan rekomendasi penutupan Hugo’s Cafe. Saat ini, izin operasional tempat itu sudah dicabut sementara agar menciptakan suasana kondusif selama masa penyelidikan.

Bupati Sleman, Sri Purnomo, mengaku apresiatif atas langkah pihak kepolisian. Pihaknya akan terlebih dulu melakukan eva­luasi sebelum memutuskan pencabutan izin usaha. Namun demikian, dia berpendapat kasus yang belakangan terjadi bertentangan de­ngan visi Pemda untuk mewujudkan ka­wasan aman dan kondusif.

Tahanan

Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Sleman, Wayan Gundana mengungkapkan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Hugo’s Cafe saat ini dalam proses perpan­jang­an. Sedang Surat Izin Usaha Kepariwi­sataan (SIUK), masa berlakunya akan habis pada April 2013.

Sementara itu, tempat penahanan empat tersangka pelaku pembunuhan terhadap anggota Komando Pasukan Khusus (Kopas­sus), Sertu Santoso (31), dipindah dari ruang tahanan Polda DIY ke LP Cebongan, Mlati, Kabupaten Sleman. Pemindahan bersama tujuh tahanan lainnya dilakukan kemarin pagi (22/3) di bawah kawalan sejumlah ang­gota Brimob Polda DIY.

Kapolda DIY, Brigjen Drs Sabar Ra­har­djo, mengatakan tidak ada pertimbangan khusus dalam pemindahan itu kecuali kondisi ruang tahanan yang kurang layak.  (J1, P58-78,88)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER