panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
21 Maret 2013
Warga Banjaran Bangun WC Komunal
SIDOMUKTI - Kesadaran warga Kampung Banjaran RW 07 Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Salatiga, untuk hidup sehat dan bersih sangat tinggi. Ini tercermin dengan dibangunnya WC komunal yaitu WC bersama yang lokasinya terpisah dari rumah warga. WC model ini sudah dibangun dan digunakan sejak enam bulan lalu.

Kepala Kelurahan Mangunsari, Siti Sulami mengatakan, kondisi rumah yang berdempetan dan pekarangan warga yang sempit mereka menyadari pentingnya WC yang jauh dari pemukiman. WC komunal yang dimaksud yaitu septic tank (penampungan) yang terletak di luar rumah. Penampungan pembuangan dibuat besar yang mampu menampung buangan hingga 30 rumah tangga.

Adapun kamar mandi dan WC tetap di rumahnya masing-masing. Di setiap rumah diberi tempat kontrol pembuangan kecil yang kemudian dialirkan ke pembuangan besar melalui pipa-pipa.

Di kampung Banjaran juga terdapat Puskesmas pembantu. Selain itu tempat ibadah seperti masjid dan gereja juga berdiri di kampung tersebut. Warga bisa menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing tanpa saling terganggu. ’’Saling menghargai dan toleransi beragama dijalankan warga. Misalnya pelaksanaan perayaan Natal tidak dilakukan saat Magrib tetapi selepas Isya atau waktu Ashar,’’ kata Siti Sulami.

Rukun

Ruang-ruang kosong pun ditanami tumbuh-tumbuhan. Dengan begitu suasana asri pepohonan menambah kesejukan di kampung ini.

Dijelaskan, Keguyuban warga Kampung Banjaran khususnya di RW 07 Kelurahan Mangunsari itu patut dacungi jempol. Meski penduduknya dari berbagai strata sosial yang heterogen, tetapi kerukunan dan kebersamaan antarwarga bisa terjalin dengan baik.
503 kepala keluarga (KK) bisa bahu membahu memajukan lingkungan. Di setiap pertemuan auatu acara kerja bakti semuanya ikut terlibat.

Alhasil, sejumlah ide-ide yang muncul dari masyarakat maupun program dari pemerintah pusat bisa dijalankan dengan baik. Salah satu contoh, di kampung ini baru saja memenangi lomba Sikamling yang diselenggarakan Polres setempat. Ini menjunjukkan bahwa partisipasi masyarakat untuk menciptakan rasa aman di lingkannganya sendiri cukup besar.

’’Rasa aman itu ditunjukkan dengan tidak adanya kasus kriminalitas mulai dari pencurian, perkelahian, dan kriminal lainnya,’’ katanya. (H32,J21-87)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER