panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
18 Maret 2013
Unifikasi Liga Indonesia
ISL 18 Klub, IPL Hanya Empat

JAKARTA - Salah satu keputusan penting Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Borobudur, Jakarta, kemarin, adalah tentang penyatuan kompetisi antara Indonesia Super League (ISL) dan Indonesia Premier League (IPL). Dua liga yang semula dikelola terpisah oleh KPSI dan PSSI itu akan disatukan mulai 2014.

Menurut CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono, untuk musim ini, dua kompetisi tersebut masih berjalan sendiri-sendiri. Unifikasi baru dilakukan musim depan dengan mengambil 18 tim ISL dan empat klub peringkat teratas klasemen akhir IPL. Dengan demikian, kontestan kompetisi musim mendatang berjumlah 22 tim.

”Promosi dan degradasi di ISL tetap ada. Tiga klub terbawah degradasi dan tiga klub promosi dari Divisi Utama. Setelah itu, unifikasi dilakukan dengan peringkat empat besar IPL. Jadi jumlahnya ada 22 tim,” kata Joko usai KLB.

Menurut dia, empat klub teratas IPL tidak berlaku bagi tim yang masih didera dualisme, seperti Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan Arema Indonesia. Aturan ini juga berlaku bagi Persema Malang dan Persibo Bojonegoro. Sebab, kedua klub ini telah dicabut keanggotaannya oleh PSSI saat Kongres Biasa di Bali pada 21-22 Januari 2010.

Jika Persebaya, PSMS, Persija, atau Arema masuk empat besar, maka klub yang ditarik ke Liga 2014 adalah peringkat berikutnya.

Joko menawarkan solusi kepada Persibo dan Persema untuk kembali ke kompetisi di bawah regulator PT Liga Indonesia.  Pertimbangannya, kedua klub itu memiliki sejarah panjang di ISL. Tapi, apakah nanti dua tim itu ditempatkan di kasta terendah atau langsung ke level tertinggi, aturan main diserahkan ke federasi.

”Tapi, kompetisi level tertinggi nantinya akan kembali dengan 18 tim setelah berjalan dua tahun. Pada 2016, empat tim akan terdegradasi dan yang promosi hanya dua tim,” ungkapnya.

Klub Lain Menunggu

Mengenai nasib klub peringkat lima ke bawah IPL, Joko belum bisa menjawab. Persoalan itu akan dibahas bersama oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) dan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) selaku operator IPL. Begitu pula nasib Divisi Utama versi LPIS, apakah dua tim terbaik berhak promosi ke kasta tertinggi, belum disepakati. Masalah tersebut juga akan dibahas bersama Exco.

”Sebelum unifikasi akan ada verifikasi ulang terhadap klub. Verifikasi akan dilakukan Oktober setelah kompetisi ISL,” terangnya.

Mengenai nama kompetisi, besar kemungkinan tetap memakai ISL. Pertimbangannya, menurut Joko, ISL lebih menjual dibanding IPL. Hanya, dia tak ingin ada kesan ISL lebih bagus dari IPL atau sebaliknya. Namun, dia sepakat bahwa dua kompetisi ini berbeda.

”Beda dari segi waktu. IPL baru tahun kemarin, sementara ISL sudah lama dan berakar dari kompetisi penyatuan dua liga (Galatama dan Perserikatan) pada 1994. Sesuai hasil kongres, pengelola kompetisi tetap PT Liga Indonesia,” jelasnya.

Persip Pekalongan dan Persitema Temanggung menyambut baik penyatuan liga mulai 2014. Delegasi Persip Aam Ikhwan setuju kompetisi dikelola PT Liga Indonesia karena jadwal dan regulasi lebih jelas. Selain itu, kualitas tim-tim yang berlaga juga lebih baik.

Untuk Divisi Utama yang dijadikan satu antara PT LI dan PT LPIS, Aam tidak keberatan. Justru semakin banyak pertandingan akan semakin mengasah kemampuan dan mental pemain. Itu akan mempercepat kematangan pemain.

”Hanya, dalam pembagian grup harus diperhatikan, yakni sesuai geografis. Itu akan meringankan biaya kompetisi,” kata Aam.

Delegasi Persitema, Yunianto, menyatakan, dengan banyaknya pertandingan akan menarik minat sponsor untuk menghidupi klub. Dengan suntikan dana sponsor, kualitas klub-klub bisa lebih baik. ”Harapan kami sponsor bisa lebih banyak,” katanya. (K4,H13-43)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER