panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Wacana
14 Maret 2013
Pilgub Abai Perempuan
  • Oleh Tazkiyyatul Muthmainnah
Genta pesta demokrasi di Jateng telah ditabuh. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga sudah mengumumkan tiga pasangan cagub-cawagub, yakni Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko, Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo, dan Hadi Prabowo-Don Murdono (SM, 6/3). Kontestan itu akan bersaing merebut hati rakyat provinsi ini untuk menjadi pemimpin lima tahun ke depan.

Ada satu pertanyaan yang mengusik pikiran, yaitu ketidakhadiran figur pe-rempuan dalam pilgub periode ini. Berbeda dari daerah lain, semisal Jabar, yang memunculkan Rieke Diah Pitaloka mes-kipun ia belum mampu mengalahkan incumbent (petahana).

Padahal data BPS Jateng 2011 menyebutkan, penduduk provinsi ini 32.643.612 jiwa, dan 16.369.636 jiwa, atau separuhnya. berjenis kelamin perempuan. Apakah dari 16 juta lebih perempuan di provinsi ini tidak ada satu pun yang layak ikut kontestasi?

Semestinya dengan populasi sebesar itu, di Jateng banyak perempuan bisa tampil menjadi pemimpin dalam ranah politik.
Namun asumsi tersebut berseberangan dengan realitas Pilgub Jateng 2013, yang sudah pasti terselenggara tanpa kehadiran figur perempuan.

Ada beberapa akar persoalan yang mendasari fenomena tersebut. Pertama; budaya patriarki yang masih kuat dalam kultur masyarakat Jawa, dan umumnya bangsa Indonesia. Klaim ketidaksetaraan gender ini biasanya merupakan tafsir tekstual atas doktrin teologis dalam rentang waktu panjang maka wajar ia menjadi muatan alam bawah sadar masyarakat.

Kedua; parpol belum benar-benar serius memperhatikan pemberdayaan perempuan dan pemenuhan hak-hak politik mereka. Dalam realitasnya partai masih setengah hati mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender serta meningkatkan keterwakilan dan peran perempuan dalam kancah politik.

Upaya perekrutan perempuan berkesan hanya untuk menggugurkan ’’kewajiban’’ pemenuhan persentase kuota 30% keterwakilan perempuan. Tidak atas kesadaran bersama bahwa keterwakilan perempuan merupakan kebutuhan partai.
Hal ini karena dalam parpol aroma maskulinitas masih terasa kental.

Ketiga; ormas perempuan belum benar-benar mampu melahirkan perempuan pemim-pin yang ready for use  dan mampu bersaing dalam memperoleh posisi strategis, baik proses legis-lasi maupun pengambilan kebijakan berkait dengan konteks berbangsa dan bernegara.

Pemimpin Andal

Rasanya, perlu langkah serius dan konstruktif supaya pada masa mendatang perempuan di Jateng bisa berkiprah lebih besar dalam konteks pesta demokrasi semisal pilkada. Pertama; berusaha menjadikan paradigma kesetaraan gender sebagai kesadaran kolektif masyarakat.

Kedua; terkait partisipasi politik perempuan, partai harus mereformasi struktur internal, demi keterwujudan proses transparan terkait keikutsertaan dan keterwakilan perempuan. Partai perlu mengadopsi prinsip kesetaraan gender secara terbuka dan terukur, terkait syarat-syarat menjadi caleg atau calon kepala daerah.

Ketiga; partai perlu menunaikan amanah Ayat 1 Pasal 65 UU Nomor 12 Tahun 2003. Artinya, partai berkewajiban menyertakan sekurang-kurangnya 30% caleg perempuan, bahkan lebih baik apabila partai mengakomodasi 30% dalam anggota kepengurusan partai.

Keempat; ormas perempuan perlu melakukan langkah-langkah nyata dalam menyiapkan kader supaya tak hanya pandai memimpin internal organisasi tapi juga bisa melahirkan sosok perempuan pemimpin yang andal di ruang publik yang lebih luas.

Keterwujudan cita-cita dan harapan itu bisa dilakukan lewat upaya ormas perempuan menjalin hubungan konstruktif dan progresif demi kemaslahatan rakyat, tanpa menghilangkan jati diri sebagai ormas independen. Harapannya, ke depan bisa tercipta iklim sehat dalam alam politik dan demokrasi di Jateng.

– Hj Tazkiyyatul Muthmainnah SKM, Ketua I PW Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Tengah
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER