panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Kedu
04 Maret 2013
Enam Wisatawan Terjebak di Gua Sriti
  • Air Sungai Meluap

GUNUNGKIDUL - Setelah berjuang selama lebih dari lima jam, akhirnya enam wisatawan dan dua orang pemandu wisata yang terjebak dalam Gua Sriti, Dusun Gelaran 1, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, berhasil diselamatkan oleh tim SAR.

Mereka terjebak karena air sungai di dalam tanah yang banjir sehingga menutup ruangan gua. Namun berkat kejelian dan keterampilan tim SAR, akhirnya para wisatawan tersebut berhasil diselamatkan. Berdasarkan keterangan di tempat kejadian menyebutkan, para wisatawan ini masuk Gua Sriti, Sabtu (2/3) sore. Mereka terjebak banjir di dalam gua hingga menjelang malam. Mendapat laporan ada wisatawan yang terjebak di dalam gua, tim SAR Kabupaten Gunungkidul datang ke lokasi kejadian. Setelah berjuang tanpa lelah, tim SAR berhasil mengevakuasi tujuh wisatawan, sementara seorang masih dalam pencarian. Tertutup Air Segala upaya penyelamatan dilakukan tim SAR, meskipun gua tertutup air, tim tetap melakukan pencarian ke dalam dengan peralatan yang memadai.

Akhirnya setelah lima berjuang pencarian membuahkan hasil, seorang wisawatan berhasil diselamatkan. Menurut informasi, enam wisatawan masuk ke dalam gua didampingi dua pemandu wisata kawasan Gua Sriti. Salah satu pemandu, Triyono mengatakan, saat wisatawan di dalam gua tiba-tiba air sungai bawah tanah naik karena banjir. Menurut dia, banjir itu menyebabkan air dalam gua naik sehingga hampir memenuhi ruangan. Bahkan, air sungai bawah tanah itu naiknya hampir sampai atap dinding. Para wisatawan mereka celah-celah dinding untuk bernafas, sebelum pertolongan datang. ”Kami ditemukan tim SAR, kemudian dievakuasi sehingga bisa selamat,” katanya. Lebih lanjut Triyono menjelaskan, upaya pencarian terkendala air serta di dalam gua gelap. “Lampu senter yang ada tidak mampu menembus kegelapan dalam gua,” katanya.

Para wisatawan yang berhasil diselamatkan, adalah Sri Pernia (22) dan Herman (23), keduanya warga Bandung, Pramulia (23), Marcel (36), warga NTT, Sururuddin (22), Jumiati (35), keduanya warga Yogyakarta, Triyono dan Ranu, keduanya pemandu wisata. (sgt)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER