panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Olahraga
27 Februari 2013
Aikido Gelar Ujian Kenaikan Tingkat
SEMARANG - Tiga puluh aikidoka dari empat dojo di Kota Semarang mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) yang digelar oleh Aikido Aikika Indonesia Semarang di aula PDAM Semarang, kemarin. Ujian tersebut merupakan periode pertama pada 2013 ini.

Aikido menggelar UKT tiap lima bulan sekali. Peserta ujian dimulai dari kyu 6 ke kyu 5, kyu 5 ke kyu 4, kyu 4 ke kyu 3, kyu 3 ke kyu 2, dan kyu 2 ke kyu 1.

Dalam UKT tersebut, aikidoka dinilai kemampuannya dalam penguasaan jurus dan teknik kuncian untuk mengalahkan lawan. Sensei Aikido Semarang Petrus Hamdani menyatakan, ujian kenaikan tingkat ini untuk melihat perkembangan teknik dan penguasaan jurus oleh peserta.

’’Tiap lima bulan, kami menyelenggarakan ujian kenaikan ini sebagai progres pengembangan,’’ kata Petrus di sela-sela UKT.

Dalam Aikido, kata dia, ada falsafah mengalahkan lawan tanpa menyakiti. Artinya, melumpuhkan lawan tanpa harus melukai atau membuat cedera. Dengan teknik kuncian beladiri asal Jepang ini, musuh bisa ditaklukan dengan mengunci tangan atau kaki mereka.

’’Jurus dan teknik Aikido murni untuk mempertahankan diri dari serangan. Jadi tidak jurus menyerang,’’ katanya.
Saat ini, lanjutnya, di Semarang telah berdiri empat dojo yakni Empu Tantular, Vihara Mahavira, RRI, dan PDAM. Petrus mengakui, Aikido memang kurang dikenal oleh masyarakat Ibu Kota Jateng. Beladiri ini telah berkembang di Kota Atlas sejak 1994. ’’Aikido memang tidak pernah ada kejuaraan. Di Jepang sendiri tidak ada,’’ ungkap Petrus.

Prinsip Aikido semua adalah pemenang dan juara. Menurutnya, apalah artinya juara jika lawan cedera atau mengalami patah tangan. ’’Kami mengajarkan keselarasan hati dan pikiran. Beladiri adalah murni mempertahankan diri bukan untuk menyerang,’’ tandasnya. (H85,K18-39)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER