panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
26 Februari 2013
2014, PNS Naik Gaji Lagi

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan kenaikan gaji pegawai ne­geri sipil (PNS) pada 2014. Na­mun, besaran kenaikan masih di­ka­ji, apakah sama dengan tahun ini sekitar 7% atau di bawah ke­naik­an gaji tahun 2012 sebesar 10%.

"Tetap ada kenaikan, namun yang kami desain itu nanti keputusannya di nota keuangan. Masih didiskusikan, mungkin tidak akan setinggi tahun sebelumnya," kata Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Herry Poernomo di Jakarta, Senin (25/2).

Lebih lanjut Herry menambahkan, pihaknya tengah menyiapkan skema kenaikan pembe­rian gaji dan pensiun yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. "Kalau dulu kenaikan pensiun dan gaji PNS aktif tidak disa­makan, pensiun lebih rendah dari yang aktif," ujarnya.

Anggota DPR

Terkait wacana kenaikan gaji kepala daerah, Herry menilai kebijakan itu tidak terlalu mem­be­ratkan anggaran. Pasalnya, nilai kenaikan tidak terlalu besar karena jumlah pejabat negara tidak ba-nyak.

Herry menambahkan, terkait pemberian uang pensiun kepada anggota DPR yang telah habis masa jabatannya, pihaknya tidak bisa menolak.

Pasalnya, pemberian pensiun tersebut diatur dalam undang-undang, yaitu UU Nomor 12 ta­hun 1980 tentang Hak Keuang­an/Administratif Pim­pin­an dan Anggota Lembaga Ter­ting-gi/Tinggi Negara serta Bekas Pimpinan Lembaga Tinggi/Ting­gi Negara dan Bekas Anggota Lembaga Tinggi Negara.

Herry memandang, permasa­lahan pemberian pensiun ini lebih kepada masalah keadilan. Meng­ingat, masa kerja para anggota DPR pendek jika dibandingkan PNS yang juga berhak mendapat pensiun.

"Masa iya baru tiga bulan duduk di situ, diberhentikan, terus dapat pensiun. Padahal kita (PNS) yang kerja belum mencapai usia pensiun tidak dapat uang pensiun karena persyaratan minimal masa kerja," katanya.

PT Taspen menggelontorkan anggaran Rp 9,57 miliar untuk pembayaran pensiun pejabat ne­gara, termasuk presiden dan ang-gota DPR setiap bulan. (J10-59)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER