panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
18 Februari 2013
Sugiyanta Bantah BKP Pungli
  • Tarif Ditetapkan Pihak Ketiga

SEMARANG - Dugaan pungutan liar (pungli) yang dituduhkan kepada Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Semarang terus memanas. Di tengah kerja kerasnya penyidik Kantor Cabang Kejaksaan Negeri (Kacabjari) Pelabuhan Tanjung Emas untuk melengkapi bukti, Sugiyanta, kepala BKP, membantah keras bahwa dirinya melakukan pungli.

’’Kami tidak melakukan apa yang dituduhkan oleh pelapor. Semua tarif yang kami terima resmi, tidak ada yang macam-macam,’’ tandasnya kepada Suara Merdeka, Minggu (17/2).

Dijelaskan, yang dipungut petugas BKP adalah biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Biaya itu bersifat resmi untuk negara. Selanjutnya, biaya fasilitas pemeriksaan karantina lanjutan ke gudang pemilik. ’’Biaya itu meliputi penjemputan petugas, uang saku, dan penginapan,’’ paparnya.

Biaya lainnya, lanjut Sugiyanta, pembebasan produk dari hama penyakit dengan dilakukan fumigasi Methil bromida. ’’Bahkan, kalau ada pemusnahan produk impor yang mengandung hama penyakit berbahaya dan produk ditolak di Indonesia, semua biaya tersebut ditangung oleh importir atau pemilik barang.’’

Dia menambahkan, biaya juga dikenakan untuk uji laboratorium pihak ketiga mengenai komoditas yang masuk dalam kelompok pangan segar asal tumbuhan (PSAT). Biaya itu juga berlaku bagi uji laboratorium independen.

Pernyataan itu dia ungkapkan menanggapi kabar miring dari Ketua Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) Jawa Tengah Joko Susanto, Sabtu (16/2). Saat itu Joko mengatakan, besar tarif pemeriksaan produk hortikultura dan hewan yang dipungut oleh BKP mencapai dua kali lipat dari tarif resmi.

Tarif yang harus dibayar importir dan eskportir ke Balai Karantina Rp 220.000 (20 feet) dan Rp 275.000 (40 feet).  Tarif itu melebihi biaya penempatan kontainer di TPKS, yang hanya Rp 180.000 per kontainer.  Padahal, tarif normal sebelumnya sebesa Rp 100.000 hingga Rp 120.000.

Kembali menurut Sugiyanta, seharusnya Joko Susanto yang hadir dalam rapat pembahasan tarif itu mengetahui mekanisme yang telah berjalan. Selama ini, yang menunjuk perusahaan rekanan pemeriksa kontainer (pihak ketiga), adalah Badan Karantina Pertanian, bukan Balai Karantina.

’’Besarnya tarif diserahkan kepada mekanisme pasar. Bahkan hal itu sudah dievaluasi oleh GINSI dengan pemilik instalasi (pihak ketiga) sampai tiga kali,’’ katanya.

Instansi Lain

Sementara itu, LBH Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia  (ALFI) Jateng mendukung Kacabjari  Pelabuhan Tanjung Emas mengusut tuntas kasus dugaan pungli di Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang.

Hanya saja, pengusutuan itu tidak boleh sebatas di lingkungan Balai Karantina, tetapi juga di lingkungan instansi lainnya di lingkungan Pelabuhan Tanjung Emas. Sebab, pungutan liar di pelabuhan itu sudah menjadi fenomena. Akibatnya, konsumen menjadi pihak yang dirugikan.’’Kacabjari harus berani mengungkap di instansi lain,’’ tandas Ketua LBH ALFI, Margono SH MH kepada Suara Merdeka, kemarin.

Praktisi hukum pelayaran dan dosen Srimart AMNI Semarang itu mengemukakan, biasanya pungli itu dilakukan antara oknum petugas atau penyedia jasa dengan pengguna jasa. Masing-masing pihak merasa membutuhkan. Pihak pengguna jasa meminta diperlancar pelayanannya dan pihak oknum petugas mendapat uang.

’’Masing-masing saling menutupi. Repotnya, praktik pungli itu merugikan pengusaha atau pengguna jasa yang idealis. Pelayanan kepada pengusaha yang idealis menjadi tidak maksimal,’’ katanya. (G5-69) 


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER