panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Solo Metro
12 Februari 2013
Rampok Berpistol Beraksi di Alfamart
  • Tembak Tiga Karyawan

SOLO - Dua perampok bersenjata pistol air soft gun beraksi di toko Alfamart Jalan Jaya Wijaya, Mojosongo, Jebres, Senin (11/2) dini hari pukul 01.10. Salah seorang pelaku melumpuhkan tiga karyawan mini market modern yang sedang berjaga, dengan meletuskan belasan kali tembakan.

Akibatnya, tiga karyawan tersebut mengalami luka tembak di beberapa bagian tubuhnya. Usai melumpuhkah para karya­wan dengan pistol air soft gun berpeluru bundar berbahan plastik itu, salah satu perampok meminta uang yang ada di meja kasir.

Widodo, Kepala Toko Alfamart yang menjadi korban perampokan saat dijumpai Suara Merdeka, kemarin menceritakan, saat kejadian, suasana di sekitar toko sepi dan usai hujan. Dia dan dua rekannya waktu itu sedang bertugas di toko.

Kedua perampok datang dari arah timur toko dengan berboncengan sepeda motor. Satu pelaku masuk ke dalam toko dan langsung memberondong tembakan kepadanya dan dua rekannya yang berada di dekat meja kasir. Satu pelaku lagi menunggu di halaman parkir toko dengan menggunakan sepeda motor Yamaha Jupiter.

Akibat dibrondong tembakan berpeluru plastik, dia dan dua rekannya akhirnya terkapar. Peluru plastik yang diletuskan dari pistol air soft gun bersarang di bagian tubuh mereka.

Pemuda asal Telukan, Grogol, Sukoharjo ini mengalami tujuh luka tembak, dari tangan kiri hingga ke leher bagian kiri. Dua rekannya, yakni Andi (23) warga Mangkubumen, Banjarsari, dan Galang Danar (22) warga Nusukan, Banjarsari menderita luka tembak di beberapa bagian tubuh.

Andi mengalami luka tembak di bahu kanan dan kepala bagian belakang. Adapun Galang mengalami luka tembak di leher belakang dan tangan kirinya. Dia juga sempat pingsan tak lama setelah ditembak.

“Kedua pelaku memakai helm, jaket dan masker. Mereka tinggi besar. Seorang pelaku yang masuk ke toko, langsung menembaki kami dan meminta uang yang ada di kasir. Dia bicara dengan bahasa indonesia. Tidak ada ciri logat khusus,” ulas Widodo.

Hanya 5 Menit

Setelah menyerahkan uang sekitar Rp 1 juta di kasir, Widodo dan dua rekannya langsung cepat-cepat berlari menyelamatkan diri ke ruangan di lantai dua. Pintu lantai dua kemudian dia kunci. Namun perampok rupanya tidak puas.

“Satu orang perampok itu terus mengejar kami dan berusaha mendobrak pintu ruangan tempat kami bersembunyi. Dia juga menembaki dinding kaca di lantai dua untuk berusaha masuk,” tambah Widodo.

Namun upaya perampok itu gagal. Pelaku tidak berhasil mendobrak pintu dan memecahkan diding kaca lantai dua. Setelah itu, pelaku keluar toko dan menghampiri temannya yang menunggu di sepeda motor. Dua orang kawanan rampok tersebut kemudian pergi dengan uang kasir senilai Rp 1 juta hasil rampasan.  

Menurut Widodo, aksi perampokan tersebut berlangsung cepat hanya sekitar lima menit. Peristiwa itu terekam kamera rekaman CCTV toko.

Usai kejadian, dia dan kedua rekannya lalu meminta pertolongan warga setempat dan dilarikan ke Klinik Mojosongo untuk mengeluarkan peluru plastik yang bersarang di tubuh masing-masing. Dia juga melaporkan kejadian ke Polsek Jebres.  

Ditambahkannya, sesaat sebelum kejadian, nampak ada seorang perempuan mencurigakan masuk ke dalam toko. Perempuan itu mengelilingi seluruh sudut toko, namun akhir­nya hanya membeli pulsa senilai Rp 6.000.

Wanita itu juga sempat terlihat di depan toko sambil menelepon dan tampak seperti mengawasi suasana sekitar.  “Lima menit kemudian, perampokan itu terjadi,” imbuh Widodo.

Aksi perampokan ini, menurutnya, adalah kejadian kriminal kedua kalinya yang terjadi di toko dalam bulan ini. Pada tanggal 1 Februari lalu, ada peristiwa pencurian ponsel pengunjung.

Kala itu, pengunjung lupa meninggalkan ponselnya di sepeda motor di halaman parkir toko. Kemudian ada seorang pria yang mengambilnya dan tertangkap.

Kapolsek Jebres, Kompol Rudi Hartono melalui Kanit Reskrim Polsek Jebres AKP Sumarsono saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan peristiwa perampokan tersebut dan langsung melakukan olah TKP di toko lokasi kejadian. Pihaknya telah mengamankan sejumlah peluru plastik berbentuk bulat dari tempat kejadian perkara.  “Kami masih menyelidiki kasus ini lebih dalam,” terang AKP Marsono, singkat. (K23-26,23)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER