panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Banyumas
01 Februari 2013
Semua Calon Bupati Janjikan Kemajuan
  • Kampanye Perdana Pilkada

PURWOKERTO - Kepala Laboratorium Ilmu Politik Unsoed, Indaru Setyo Nurprojo MA, menegaskan masyarakat Banyumas harus menagih visi-misi dan program calon bupati dan wakil bupati jika terpilih kelak. ‘’Visi-misi dan program selain bagian dari kelengkapan persyaratan, sekaligus secara politis menjadi kontrak dengan masyarakat. Artinya, visi-misi itu layak tagih dan masyarakat Banyumas harus menagihnya kelak,’’ kata dia, kemarin.

Pendapat tersebut menyusul agenda awal masa kampanye Pilkada Banyumas 2013, Paparan Visi-Misi, Program Calon Bupati dan Wakil Bupati di DPRD Banyumas.

Secara urut dan bergantian, enam pasangan calon melakukan paparan maksimal 20 menit di hadapan 1.500 undangan, termasuk anggota DPRD Banyumas dalam Sidang Paripurna Istimewa.

Menagih visi-misi dan program, kata Indaru, sekaligus menjadi pendidikan politik bagi masyarakat. Faktanya, dewasa ini masyarakat kerap acuh dengan visi-misi dan program. Maka sikap kritis masyarakat terhadap kebijakan dan program kerja kepala daerah kerap minim.

‘’Paling mudah menjadi ukuran adalah visi-misi yang baru saja dipaparkan di DPRD. Itu menjadi proses pendidikan politik bagi masyarakat untuk kritis, menagih janji ketika bupati dan wakil terpilih mulai keluar jalur,’’ tambahnya.

Janjikan Kemajuan

Sementara secara umum enam pasangan calon menawarkan visi-misi dan program untuk kemajuan Banyumas selama lima tahun mendatang. Pasangan calon nomor urut 1, Muhsonuddin-Hendri AB, misalnya mengutamakan program Gerakan membangun Desa (Gerbang Desa).

‘’Kita akan alokasikan Rp 350 juta per tahun per desa, sekaligus memberikan kewenangan desa untuk mengelola. Angka tersebut masih sangat kecil persentasenya dari APBD Banyumas yang mencapai sekitar Rp 2,1 triliun,’’ kata Muhsonuddin didampingi Hendri AB.

Pasangan calon nomor urut 2, Drs mardjoko dan dokter Gempol Suwandono MMR (Djempol) menyampaikan visi ‘’Bersih, Berani dan Berwibawa’’. Ir H Ahmad Husein dan dokter Budhi pasangan calon nomor urut 3 juga menawarkan program kemajuan dan kemakmuran bagi masyarakat Banyumas.

Toto Dirgantoro-Saifuddin calon independen nomor urut 4 membawa visi ‘’Mbangun Desa Nata Kota’’. Sementara misinya, ‘’4 Pilar Banyumas Gemah Ripah Lohjinawi’’.

Yang unik justru pasangan nomor urut 5, Anteng Tjahyono Widyadi dan Dwi Basuki. Pasangan calon dari independen itu menolak membacakan visi-misi dan memilih melakukan paparan langsung.

Pasangan calon Warman dan Hj Winarni (Wani) cenderung normatif dan membacakan visi-misi dan program seperti tertulis dalam buku. Pasangan yang diusung koalisi PKS dan PAN tersebut menawarkan visi ‘’Banyumas Bergerak Maju, Menuju Masyarakat Sejahtera, Mandiri dan Harmonis Terpadu’’. (K38-17,47)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER