panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
03 Januari 2013
TKSK Bagian Terdepan Antisipasi Bencana

SEMARANG- Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan tenaga kesejahteraan tingkat kecamatan (TKSK) untuk mengantisipasi bencana alam pada musim hujan, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

Relawan tersebut adalah warga kecamatan setempat. Mereka bagian terdepan dalam upaya penanganan masalah sosial kemasyarakatan di daerahnya masing-masing.  

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Kemensos Hartono Laras mengatakan, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam menangani masalah sosial, termasuk bencana.

Pemerintah membutuhkan TKSK yang bisa menghimpun data akurat serta memberikan informasi terkait bencana alam, korban, dan jenis bantuan yang diperlukan. Mereka juga bisa ditugaskan untuk memperlancar proses pemberian bantuan.

"TKSK dibentuk untuk menjadi tulang punggung penanganan masalah sosial, termasuk bencana di Jateng," jelas Hartono di Semarang, baru-baru ini

Di Indonesia, kata dia, TKSK tercatat sebanyak5.260 orang, sedangkan Jateng ada 568 orang.  Pihaknya menegaskan, tenaga kesejahteraan ini dibekali pendidikan dan pelatihan sebelum dikukuhkan.

 Kegiatan tersebut dilakukan di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial yang tersebar di enam regional, seperti Padang, Banjarmasin, dan Yogyakarta.

Mereka juga mendapatkan pendidikan dan pelatihan di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) tiap-tiap wilayah.  Kemensos memberikan tali asih kepada TKSK ini sebesar Rp 250 ribu/ bulan, sedangkan Pemprov Jateng memberikan tambahan honor Rp 200 ribu/ bulan.

Gubernur Bibit Waluyo telah memberikan surat edaran kepada bupati/ wali kota se-Jateng supaya siap mengantisipasi bencana alam menghadapi musim hujan. (J17,H68-71)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER