panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Pantura
20 Desember 2012
Dishub Tilang Kendaraan, Polisi Bingung

SLAWI - Kewenangan menyita surat izin mengemudi (SIM) di jalan raya membingungkan masyarakat. Sekarang, tidak hanya polisi dari jajaran Satlantas yang menindak, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) pun ikut-ikutan menyita SIM.   

Tentu saja dengan ’’amunisi baru’’ itu, Dishub berani menggelar razia. Seperti yang dilakukan di Kabupaten Tegal.

Saat dikonfirmasi, Kasatlantas Polres Tegal AKP Padli mengaku belum tahu kewenangan baru yang dimiliki Dishub. Ia pun mengaku dalam operasi di jalan raya tidak diajak koordinasi.

 ’’Setahu saya, dalam UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang memiliki kewenangan menindak pengemudi di jalan raya adalah kepolisian. Kalau ada aturan baru, kami belum tahu,’’ tandas dia.

Seperti dalam razia yang digelar beberapa waktu lalu, Dishub menilang 11 SIM pengemudi. Razia dilakukan sejumlah jalan utama. Sejumlah warga pun masih bingung soal kewenangan tersebut. ’’Nggak tahu kok Dishub gelar razia. Kaget sih, kok seragam polisi warnanya biru,’’  kata Yitno, seorang pengemudi.

Bukti Tilang

Saat menilang petugas juga memiliki surat resmi bukti tilang. Pihak Dishubkominfo menyatakan, tindakannya merazia kendaraan sesuai aturan. ’’Sebelum melakukan penertiban surat-surat kelengkapan kendaraan kami sudah sosialisasi,’’ kata Kasi Lalin Dishubkominfo, Tarnoto, kemarin.

Kewenangan menilang kendaraan berdasarkan PP No 80/2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Bahkan, dalam operasi tersebut tidak sekadar menilang 11 kendaraan, namun juga memberi surat teguran kepada 30 kendaraan. ’’Yang melakukan pelanggaran kecil, kami masih toleransi dan melakukan pembinaan,’’ jelasnya.(G12-90,47)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER