panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
03 Desember 2012
Greget Warga
Komunitas Musik Kota Wali Dideklarasikan

GROUP musik lokal Demak yang moncer di era 80-an, Kalijaga Band, masih mendapat tempat di hati penggemarnya. Saat manggung di acara Deklarasi Pembentukan Komunitas Pecinta Musik Demak (KPMD) beberapa waktu lalu, grup band besutan Heru ini mampu menyedot ratusan penonton.

Di acara itu Kalijaga tampil bareng dengan lima group lokal penganut aliran keroncong dan pop kenangan. Kelimanya meliputi Wiku Band, Areso, Keroncong Wijaya Kusuma, Ossed’N, dan Keroncong Gita Citra Alam.

Gedung Garuda Demak tempat berlangsungnya acara itu pun penuh sesak. Apalagi, penampilan Kalijaga Band yang didukung para personel, Yudi (drum), Dedy (bas), Ipam (gitar), Iik (keyboard 1), Evan (keyboard 2), serta tiga vokalis, Beny, Anjar dan Budi, cukup memukau.

Mereka menampilkan beberapa aliran sekaligus, mulai dari jazz, pop progresif, rock, dangdut hingga klasik. Menariknya, lagu-lagu dengan beragam aliran bisa mereka sajikan secara meetdle.

’’Lagu-lagu pada acara ini sengaja kami aransemen ulang dalam beragam aliran. Sebab begini, beberapa tahun terakhir personel Kalijaga eksis dengan grup barunya masing-masing. Dan kebetulan, grup kami memiliki aliran yang berbeda. Karena saat ini, kami tampil bersama di Kalijaga, biar adil, maka seluruh aliran kami mainkan,’’ kata Dedy, yang saat ini tercatat sebagai pentolannya Castle Band.

Berpencar

Para personel group band yang 25 tahun lalu sering membawa harum nama Demak itu memang berpencar. Ada yang membentuk kelompok baru, ada pula yang mengajar di sekolah musik. ’’Dedy bergabung ke Castle, kemudian Ipam ikut Celcius, Iik mengajar piano dan gitar klasik di sekolah musik Purnomo Semarang. Saya sendiri mengelola event organizer. Personel lainnya sibuk dengan pekerjaan masing-masing,’’ kata vokalis Kalijaga, Beny.

Menurut Ketua KPMD Simon Sarto, kehadiran Kalijaga di acara itu sekaligus menunjukkan bahwa band asal Kota Wali ada yang bagus. Kalijaga memiliki personel dengan kematangan bermusik yang mumpuni.  Bahkan, personel Kalijaga juga dilirik band-band ternama.

Dia menambahkan, KPMD sengaja dibentuk untuk mengakrabkan para musisi Demak, mewadahi berbagai potensi musik lokal baik yang beraliran pop, keroncong, rock, maupun klasik.  (Anang Haryadi, warga Demak-64)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER