panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekspresi Suara Remaja
02 Desember 2012
Nggak Perlu Risau

Tren bahasa alay makin merebak. Munculnya kata baru hasil ucapan spontan seseorang seolah berdaya memiliki makna baru yang akhirnya berterima dalam komunikasi suatu komunitas tertentu. Bahkan nggak cuma anak muda aja penggunanya, tapi orang dewasa.

Namun, beberapa orang berpendapat, bahasa alay itu merusak tatanan baku bahasa Indonesia dan dapat berdampak buruk terhadap perkembangan pribadi seseorang. En nggak jarang juga anak alay jadi objek nyinyiran lantaran dianggap menyimpang. Hmm, tapi apa iya sih munculnya bahasa alay itu melulu berdampak negatif?

''Sebenarnya kita nggak bisa menghindari bahkan menyetop munculnya bahasa alay. Bahasa itu muncul secara alami lantaran adanya keperluan komunikasi di lapangan,'' ujar Prof Dr Rustono M.Hum, pakar bahasa Indonesia dari Unnes.

Yap, menurutnya, bahasa alay itu hanya keperluan komunikasi sementara. Seiring berjalannya waktu, bahasa gaul akan hilang dengan sendirinya dan mungkin akan berganti dengan bahasa yang baru lagi. Seperti pengertian dari alay itu sendiri.

Alay atau anak layangan merupakan kata kiasan yang menggambarkan suatu karakter anak muda yang masih labil.

''Jadi anak muda itu bisa diibaratkan layangan. Layangan tak pernah menentu arah terbangnya karena selalu mengikuti kemana arah angin. Nah, sama seperti anak muda. Itu kenapa muncul istilah alay dan bahasa gaul lainnya,'' terangnya.

Hak Berekspresi

Menurut Rustono, munculnya bahasa alay bisa dibilang sebagai bentuk kreativitas anak muda. Tiap orang memiliki hak untuk berekspresi, menyampaikan apa yang dirasakan, termasuk juga dituangkan dalam bentuk verbal.

Kenapa disebut kreatif? ''Ya, karena keperluan tertentu, seseorang mampu memunculkan satu simbol atau kata baru yang ternyata bisa memiliki banyak arti.''

Yups, bahasa alay muncul sebagai salah satu varian bahasa yang fungsinya memudahkan komunikasi pada beberapa komunitas dan dianggap mewakili suatu ekspresi rasa tertentu sehingga menumbuhkan rasa keakraban dan kebersamaan. Di tiap era, ragam bahasa gaul selalu  muncul dengan versi yang berbeda.

''Nggak perlu terlalu risau dengan adanya bahasa alay. Yang penting si pengguna tahu benar pada kondisi seperti apa bahasa alay pas untuk digunakan. Dan bahasa Indonesia akan tetap jadi standar bahasa baku untuk berkomunikasi,'' tandasnya.


Ike Purwaningsih


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER