panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Muria
19 November 2012
Prospek PAUD Luar Biasa
  • Masyarakat Diajak Bantu Pemerintah

DIREKTUR Pembinaan Kursus dan Pelatihan pada Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) Kemendikbud Dr Wartanto menegaskan, prospek pendidikan anak usia dini sangat luar biasa. Sebab, masyarakat sudah kian sadar akan arti penting pendidikan bagi anak usia prasekolah.

"Selain itu pemerintah juga tidak cukup biaya untuk membangun sebuah PAUD di setiap desa/kelurahan. Untuk itulah, kami mengajak masyarakat yang mampu dan peduli ikut membangun PAUD,'' ujar Wartanto di sela-sela peringatan HUT Ke-2 PAUD Bunga's di Desa Gajahmati, Kecamatan Kota, Kabupaten Pati, Minggu (18/11).

Bupati Haryanto SH MM MSi menyambut baik ajakan tersebut. ''Memang untuk membangun SDM yang berkualitas harus dimulai dari anak usia dini atau prasekolah,'' tegasnya.

Dia juga menjanjikan, memberi beasiswa kepada siswa tak mampu yang berprestasi. Beasiswa yang diambilkan dari APBD itu diharapkan bisa diberikan kepada satu anak untuk satu kelurahan/desa. ''Ini harus dilakukan karena jangan sampai ada anak berprestasi, tapi dari keluarga tidak mampu, justru lari ke luar Pati,'' tandasnya.

Dia menuturkan, baru-baru ini ada anak berprestasi yang pindah ke SMA 3 Semarang. Setelah dibujuk agar mau kembali sekolah di Pati, permintaannya terlalu banyak. ''Kebetulan di SMA 3 Semarang dia juga diberi beberapa fasilitas,'' ujarnya.

Workshop Akreditasi

Dalam rangkaian HUT tersebut juga digelar workshop Akreditasi Lembaga PAUD yang dipandu komisioner Komisi Pelaksanaan Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Nonformal Yasmine Yuliantina Yessy Gusman. Kegiatan ini diikuti oleh 55 peserta, antara lain dari pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dan PAUD di sejumlah wilayah Pati.

''Bangsa ini sedang banyak membutuhkan asesor. Namun tentu saja di tiap tempat kebutuhan jenis asesor tidak sama,'' ujarnya. Artis film layar lebar di era 1970-1980-an itu mencontohkan, jumlah asesor PAUD sudah melebihi kuota. Dengan demikian, tidak akan ada perekrutan lagi.

''Mungkin di Pati butuh banyak asesor di bidang komputer atau jenis lain. Silakan buka situs kami, http://web.banpnf.or.id,'' tutur Yessy didampingi Kasi Fasilitasi SDM Pusat Pengembangan (P2) PAUDNI Regional 2 Semarang Dra Budi Sri Hastuti MPd. (Ali Arifin Muhlish-57,47)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER