panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
13 November 2012
Pembangunan PLTU Bunton Lumpuh
  • Ribuan Tenaga Kerja Mogok, Tuntut Upah Naik 100 Persen
image

CILACAP - Aktivitas pembangunan mega proyek PT PLN (Persero) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2 Jateng di Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Cilacap lumpuh total, menyusul aksi mogok oleh ribuan tenaga kerja, Senin (12/11).

Para pekerja menuntut konsorsium asal China, yakni PT China National Technical IMP & EXP Corp (CNTIC) menaikkan upah pokok (basic salary) sebesar 100 persen, dari semula Rp 32.200 per hari menjadi Rp 64.000 per hari. Aksi unjuk rasa disertai pemogokan tersebut, dilakukan sejak pukul 08.00 pagi.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sejumlah pekerja terlihat bergerombol di pintu masuk kompleks PLTU 2 Jateng, dengan mengenakan seragam lengkap. Aksi tersebut mendapat pengawalan ketat dua peleton pasukan Dalmas Polres Cilacap dan satu kendaraan meriam air disiagakan di pintu masuk proyek, senilai Rp 4,5 triliun.

Aksi tersebut juga berimbas pada antrean panjang truk pengangkut batu boulder, hingga belasan kilometer di jalan masuk menuju lokasi proyek.

Selain menuntut kenaikan upah pokok, sedikitnya ada lima tuntutan lain dari para pekerja. Mereka meminta PT CNTIC mengevaluasi jabatan yang berkaitan dengan keahlian para pekerja. Hal itu juga akan berimbas pada jumlah upah yang diterima.

Permintaan kedua, perusahaan itu menyediakan makanan tambahan bagi pekerja malam. Pekerja juga meminta uang tunjangan risiko ketinggian, sebesar Rp 2.500 per meter.

Perusahaan juga diminta memberikan bonus kerja dan menghapus sistem kerja lima hari yang diberlakukan perusahaan.

”Sebelumnya, 6 November lalu sudah ada perundingan, namun belum ada titik temu. Jika memang tuntutan kami tidak dipenuhi, maka aktivitas mogok kerja ini akan berlanjut,” ungkap perwakilan pekerja, Hisyam, kemarin.

Risiko Kerja

Pekerja lainnya, Agus Jumanto (39) menuturkan, upah pokok yang diterima pekerja sebesar Rp 32.000 tidak sebanding dengan risiko kerja. Karena itu, realistis kalau para pekerja menuntut kenaikan upah dasar, di luar instentif lain seperti uang makan dan lembur kerja. Total upah yang diterima pekerja Rp 52.200.

Dia mengatakan, upah pokok sebesar itu tidak cukup untuk memberi nafkah bagi keluarga.

Untuk sekali makan, setiap orang harus mengeluarkan biaya minimal Rp 6.000. Kalau dalam satu keluarga terdiri atas empat orang, maka untuk sekali makan, keluarga itu membutuhkan uang Rp 24.000.

Dengan demikian, untuk makan saja, keluarga itu per hari membutuhkan dana Rp 72.000. Jumlah itu belum termasuk pengeluaran untuk kebutuhan lainnya, seperti anak sekolah dan kesehatan.

”Karena itu kami minta perusahaan bisa memenuhi seluruh tuntutan kami itu. Jangan sampai tenaga kami dikebiri,” imbuhnya.

Camat Adipala, Budi Santosa yang ikut dalam perundingan tersebut menuturkan perusahaan bersedia memenuhi tuntutan pekerja terkait evaluasi jabatan yang dilakukan enam bulan sekali, makanan tambahan bagi pekerja malam, uang risiko kerja, dan bonus kerja.

Sementara tuntutan kenaikan upah dasar sebesar 100 persen, masih akan dibicarakan kembali 21 November mendatang. Demikian pula dengan penghapusan sistem kerja lima hari.

”Kami harap para pekerja bisa menahan diri sambil terus dicarikan solusi yang bisa diterima semua pihak. Jangan sampai terjadi kekerasan dan tindakan anarkisme,” ujarnya.

Hingga pukul 16.00, para pekerja masih menunggu hasil perundingan antara perusahaan, Pemkab Cilacap, dan perwakilan pekerja.

Megaproyek pembangunan pembangkit PLTU 2 Jateng senilai Rp 4.5 triliun, dengan kapasitas 1 x 650 MW itu, kini sedang dikebut untuk menyokong jaringan interkoneksi Jawa-Bali. Proyek itu direncanakan bakal selesai April 2014 mendatang. PT PLN menggandeng PT CNTIC, yakni konsorsium berasal dari China sebagai pelaksana proyek. (H59-63)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER