panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Pantura
24 September 2012
Realisasi Program E-KTP Dipastikan Terlambat
  • Disdukcapil Jemput Bola

TEGAL- Realisasi program untuk perekaman E-KTP di Kota Tegal dipastikan terlambat. Pasalnya, sampai saat ini proses perekaman baru mencapai 73,18 persen.

Padahal sesuai target awal, akhir September 2012 harus selesai 100 persen. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, Herlien Tedjo Utami SH, kemarin mengatakan,’’Untuk mengejar target tersebut kami melakukan pelayanan jemput bola, yaitu dengan mendatangi kantor-kantor kelurahan.’’

Sesuai data, jumlah warga yang berhak memiliki E-KTP sekitar 211.000 orang. Namun yang terealisasi baru 73,18 persen, sehingga kurang sekitar 26, 82 persen warga yang belum membuat E-KTP.

“Kendala paling prinsip yang dialami karena kurangnya partisipasi masyarakat memenuhi panggilan perekaman E-KTP di setiap kecamatan. Selain itu, banyaknya warga yang tidak ada di tempat, atau sibuk di luar daerah,” katanya.

Menurut dia, karena jumlah warga yang belum mengikuti program E-KTP masih cukup banyak, maka pihaknya menerapkan sistem jemput bola mendatangi kelurahan.

 Diharapkan dengan program tersebut akhir September bisa selesai 100 persen. “Kalaupun masih ada, tinggal kurang dari 5 persen saja,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD, Kusnendro ST mengimbau kepada masyarakat untuk proaktif, mengajak keluarga dan saudara untuk melakukan perekaman E-KTP. Sebab, E-KTP sangat penting sebagai identitas nasional.

Apabila tak memiliki E-KTP, dikhawatirkan tidak bisa mendapatkan hak sebagai warga secara maksimal. (H17-49,88)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER