panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
21 September 2012
PAUD Skenario Besar Siapkan Generasi Emas

LAHIRNYA generasi emas Indonesia yang ditargetkan akan terwujud pada satu abad dari kemerdekaan (2045) tak bisa dilepaskan dari peran penting pendidikan anak usia dini (PAUD). PAUD merupakan skenario besar untuk mewujudkan generasi emas.

Hal itu disampaikan wakil ketua Majelis Luhur Tamansiswa, Prof Dr Ki Supriyoko SDU MPd, saat berbicara dalam seminar nasional bertema ''Merajut Generasi Emas Indonesia'' yang diselenggarakan Universitas Muria Kudus (UMK), belum lama ini.

''Anak-anak harus kita siapkan sejak sekarang agar menjadi manusia berkualitas yang akan memegang peran negara di masa depan,'' ungkapnya.

Menurut Supriyoko, keberadaan PAUD di Indonesia masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara maju, bahkan dengan Malaysia dan Singapura pun Indonesia masih ketinggalan.

''PAUD di Indonesia baru menjangkau 20% dari keseluruhan anak yang seharusnya mendapat pendidikan usia dini. Di negara-negara miskin, rata-rata sudah 24%, sedangkan di Malaysia dan Singapura sudah menjangkau 89%,'' terangnya.

Berbasis Kemandirian

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Prof Dr Mungin Eddy Wibowo MPd Kons menilai betapa berharganya generasi emas yang merupakan generasi cerdas, kompetitif, progresif, dan berkarakter.

''Generasi emas memiliki peranan penting dalam pembangunan bangsa. Yaitu pembangunan kembali karakter yang positif, pemberdaya karakter, dan perekayasa karakter yang pada gilirannya untuk memperkuat ketahanan bangsa.''

Narasumber lain, Ahmad Bahruddin, pendiri Kelompok Belajar Qaryah Tayyibah Salatiga, mengemukakan pentingnya pendidikan berbasis kemandirian. ''Kemandirian ini sebagai kata kunci mewujudkan generasi emas Indonesia,'' tegasnya.

Pendidikan berbasis kemandirian ini dilaksanakan dengan tidak mengesampingkan lokalitas yang dimiliki. ''Anak-anak harus dikenalkan ke konteks lokalitas yang dimiliki.''

Dr Sukirman MPd dari UMK mencoba mengajak ratusan peserta seminar yang hadir memahami bagaimana menyiapkan generasi emas Indonesia melalui film dokumenter yang disajikan.  (Rosidi-60)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER