panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Perempuan
19 September 2012
Dampak Pertengkaran bagi Anak yang Dikandung
Tanya: Saya  seorang  ibu rumah tangga, menikah  enam tahun yang lalu. Sekarang sedang hamil anak pertama. Kebetulan suami dan saya berasal dari keluarga kecil, karena saya anak tunggal dan suami anak bungsu dari  tiga ber-saudara. Kedua kakak suami ada-lah perempuan,  tinggal  di luar negeri  mengikuti  suaminya yang  sedang  tugas belajar. Orang tua kami masing-masing merasa senang sewaktu mendengar saya hamil. Karena sudah lama mereka  mengharapkan cucu dari kami.

Kehamilan saya sekarang sudah tujuh bulan. Waktu ibu  saya mengadakan syukuran tujuh bulan kehamilan saya, ayah dan ibu menyampaikan niatnya untuk ikut memberi nama bagi anak kami. Ketika hal itu saya sampaikan kepada suami, ternyata  mertua saya juga sudah  titip nama kepada suami  untuk anak kami.  Di samping rasa senang karena mereka  memberikan  perhatian dan rasa sayangnya  kepada cucu, kami merasa bingung karena dua nama  yang diberikan oleh mereka  tidak mungkin kami gabungkan. Selain karena tidak selaras, nama itu akan terlalu panjang. 

Saya dan suami  tidak ingin mengecewakan orang tua kami. Ketika saya dan suami  mencoba berbicara kepada orang tua kami masing-masing, ternyata  keduanya sama-sama ingin  nama yang diusulkan itulah yang  bagus untuk  anak kami. Sebagai anak tunggal, saya ingin membahagiakan orang tua saya, maka  saya minta kepada suami agar nama yang diusulkan oleh bapak ibu saya yang diberikan bagi anak  pertama kami, sedang nama dari mertua untuk anak kedua  kelak. Tetapi suami juga punya keinginan agar usulan orang tuanya yang diterima. Akibat perbedaan pendapat itulah kami sering bertengkar. Bagaimana sebaiknya mengatasi hal itu? ( Ratna )      

Jawab: Ibu Ratna, anugerah Allah  yang berupa  anak yang  tidak lama lagi akan lahir perlu disyukuri oleh ibu beserta  keluarga besar, dengan lebih  mempererat  tali  persaudaraan. Termasuk  orang tua  Bu Ratna  dengan  mertua ibu.   Suka cita yang  mereka  perlihatkan dengan ikut memberikan nama merupakan bukti kasih sayang mereka pada cucu  yang akan lahir. Maka tujuan  bersama yang baik  itu perlu disertai  sikap saling pengertian agar tercipta keharmonisan dalam hubungan keluarga. Nama yang diberikan oleh orang tua atau kakek/nenek, pada umumnya mengandung harapan agar anak itu kelak mempunyai sifat sifat atau sesuatu yang menjadi harapan keluarga.

Karena Bu Ratna memandang nama pemberian  dari orang tua ibu lebih baik dari pemberian mertua, maka terjadi pertengkaran dengan suami yang berpendapat  nama pemberian orang tuanyalah yang paling baik. Untuk menyelesaikan perselisihan itu, maka  Ibu bersama suami perlu berbicara dari hati ke hati  untuk melihat  dampak dari pertengkaran itu bagi anak yang ada dalam kandungan.   Kondisi  psikis ibu berpengaruh terhadap  perkembangan  jasmani dan rohani  anak yang  berada dalam kandungan.

Sekarang telah banyak yang membuktikan adanya pengaruh  suasana batin  ibu terhadap anaknya yang masih berada dalam kandungan. Beberapa  orang tua yang mulai memberikan pendidikan Alquran sejak  anak  dalam kandungan telah  memberikan kesaksian adanya pengaruh  perkataan dan sikap  ibu/atau ayahnya  terhadap bayi  mereka sewaktu masih dalam kandungan. Karena itu, Bu Ratna dan suami perlu  segera mengakhiri perselisihan itu. Kemukakan  kepada suami perlunya menjaga  ketenangan dalam keluarga, serta dampaknya bagi bayi. Agar orang tua dan mertua juga mendukung terciptanya rumah tangga yang tenteram, maka Bu Ratna beserta suami perlu menjelaskan kepada mereka , dampak  ketenangan batin  suami dan istri bagi perkembangan bayi dalam kandungan.  Ibu dan suami  juga perlu  mengajak orang tua dan mertua  untuk duduk bersama guna  mencari nama yang bagus dan sesuai harapan  orang tua serta kakek nenek. 

Jangan lupa mohon pertolongan Allah dan anugerah-Nya, sehingga anak yang akan dilahirkan Bu Ratna  diberikan kesehatan jasmani dan rohani serta  tumbuh menjadi anak yang saleh/salehah. (24) 

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER