panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
17 September 2012
Bendung Dumpil Akan Dikeruk
GROBOGAN- Gubernur Jateng H Bibit Waluyo merasa prihatin melihat kondisi Bendung Dumpil yang tanahnya sudah mengering dan nelo (retak-retak).

Selain itu, Bibit juga menyayangkan sedimentasi di areal genangan Bendung Dumpil yang cukup tinggi. “Saya minta setiap tahun dianggarkan untuk pengerukan sedimentasi di Bendungan Dumpil ini. Kalau kondisinya seperti ini ya tidak bisa menyimpan atau menahan air yang banyak saat musim hujan. Nah, akibatnya ya kering kerontang di musim kemarau seperti sekarang,” kata Bibit saat meninjau Bendung Dumpil, beberapa waktu lalu.
Menurutnya, agar bendung tersebut berfungsi dengan baik, maka harus dibangun waduk di hulu sungai, serta pengerukan sedimentasi di areal genangan.

Biaya Besar

Diakui Bibit, anggaran pengerukan sedimentasi sungai, areal genangan pintu air atau bendungan, membutuhkan biaya besar. Namun, apabila pengerukan tersebut dilakukan rutin setahun sekali dengan anggaran yang ada saat ini, pasti akanlebih meringankan dan terasa manfaatnya.

 “Kalau menunggu sampai sedimentasinya meninggi dan baru dikeruk, biayanya pasti tinggi. Meskipun setiap tahun anggarannya hanya mampu untuk mengeruk tanah sedimentasi sedalam setengah meter pun tidak apa-apa, tetapi harus rutin,” terangnya di hadapan pejabat serta warga Kecamatan Ngaringan.

Sedimentasi tersebut, lanjut Bibit, disebabkan banyak hal. Salah satunya adalah kondisi hutan yang gundul, sehingga tidak mampu menahan atau meresap air hujan. Air hujan tersebut langsung mengalir ke arah sungai sembari membawa material tanah, sehingga mempercepat sedimentasi.
“Oleh sebab itu, saya mengajak saudara-saudaraku semua untuk menjaga hutan. Jangan ditebangi. mesakke anak putu (kasihan anak cucu), kalau kondisi sungai-sungai  seperti ini,” katanya. (K11-72)  

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER