panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
10 September 2012
Teknologi Biometrics Hentikan Pencurian ID

SEMARANG - Berbagai kasus kriminal yang sering dilakukan dengan penyalahgunaan kartu tanda penduduk (KTP) palsu, akhirnya mendorong pemerintah melakukan pendataan ulang dengan E-KTP. Adapun, teknologi biometrics yang dipakai untuk E-KTP ini menjamin ketunggalan data dari masyarakat.

Hal itu disampaikan Dr Anto Satriyo Nugroho dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada ”The First Conference and Workshop on Intelligent Systems and Business Intelligence 2012” di Gedung E kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Sabtu (8/9). Dia mengatakan, banyaknya kasus dengan menggunakan KTP palsu, maka pemerintah berinisiatif untuk melakukan update database kependudukan di 497 kabupaten/kota.

Ketunggalan Data

”Dengan menghasilkan database kependudukan nasional yang akurat dan dijamin ketunggalan identitasnya, maka dapat meminimalisasi kejadian penyalah gunaan KTP oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab,” ungkapnya.

Dengan E-KTP, lanjut dia, akan mengidentifikasi ketunggalan data masyarakat berikut keunikan penduduk melalui sistem multimodal biometrics. Pada sistem tersebut mencoba mencatat data-data sidik jari, iris, dan wajah.

Keunggulan biometrics terkait intelligent systems di antaranya, dapat menyelesaikan masalah repudiasi, dapat melakukan identifikasi negatif, menghentikan pencurian ID. Dan biometrics ini tidak dapat dihilangkan, dilupakan, atau dicuri.

Pada kegiatan yang akan digelar sebagai event tahunan ini menghadirkan pembicara lainnya seperti, Andri Apriyana SA CISA CEH dari PT Astra Internasional, Romi Satria Wahono MEng dari PT Brahmatics Cipta Informatika, dan dimoderatori oleh Dr Suprapedi dari LIPI.   

Andri Apriyana SA CISA CEH sebagai Senior Grup IT Audit and Advisory Service dari PT Astra Internasional menjelaskan, dalam business intelligence bermanfaat untuk mengetahui keberadaan kantor cabang di tiap daerah.

”Kita dapat mengetahui apakah cabang di daerah bekerja secara efektif melalui sistem business intelligence, kemudian bagaimana tren dari bulan ke bulan di sana, termasuk memantau pelayanan kepada pelanggan,” katanya. (K3-72)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER