panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Banyumas
09 September 2012
Somagede, Jadi Sentra Peternakan Kambing PE
PURWOKERTO - Wilayah Kecamatan Somagede yang sebagian merupakan daerah pegunungan, dinilai sesuai untuk menjadi sentra peternakan kambing jenis peranakan etawa (PE). “Secara geografis sesuai, selain itu sumber pakan juga banyak, sehingga cocok apabila menjadi sentra peternakan kambing PE,” tutur Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan, dan Perikanan (Dinakkan) Banyumas Gatot Dwi Hariyanto, kemarin.

Ia mengatakan, rencana pengembangan peternakan kambing PE nantinya akan ditempatkan di beberapa desa, di antaranya Desa Somagede, Klinting, dan Desa Kemawi yang seluruhnya berada di Kecamatan Somagede. Di Banyumas, menurutnya peternakan kambing PE saat ini masih terkonsentrasi di wilayah Kecamatan Gumelar.

 “Selama ini peternakan kambing PE mayoritas di wilayah barat, yaitu di Kecamatan Gumelar, berhubung di wilayah timur seperti Kecamatan Somagede juga ada potensi, maka akan kita dorong untuk dikembangkan di sana,” kata dia. Sementara menurut Kasi Budi Daya Peternakan Dinakkan Banyumas Sulistyono langkah untuk menjadikan wilayah timur menjadi sentra peternakan kambing PE, sudah dimulai sejak 2011 lalu. Saat itu, lanjut dia tiga desa yaitu Desa Kemawi, Banjarpanepen, dan Desa Tanggeran, diberi bantuan bibit kambing PE. “Kemawi dapat bantuan 65 ekor, Banjarpanepen 50 ekor, Tanggeran 14 ekor, yang didapat dari alokasi APBD, program Sarjana Mbangun Desa (SMD), serta bantuan Gubernur Jawa Tengah,” ungkapnya. (K17-14)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER