panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
01 September 2012
Kemdikbud Tawarkan Beasiswa Unggulan

SEMARANG- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menawarkan program beasiswa unggulan kepada siswa dan mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi, namun kesulitan pembiayaan. Beasiswa ini berupa pemberian bantuan biaya pendidikan oleh pemerintah atau pihak lain berdasarkan kesepakatan kerja sama kepada putra-putri terbaik bangsa.

Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (PKLN) Kemdikbud Ananta Kusuma Seta melalui surat elektroniknya, Kamis (30/8), mengatakan, jenis beasiswa yang ditawarkan Kemdikbud sangat beragam, meliputi beasiswa unggulan program sarjana, magister, doktor, tunjangan kreativitas, mahasiswa asing, dan kemitraan. Di samping itu, ada pula beasiswa yang diberikan kepada peneliti, penulis, pencipta, seniman, wartawan, dan olahragawan (P3SWOT).

”Bagi yang memiliki prestasi nasional maupun internasional dan ingin mendapatkan beasiswa tersebut bisa mengajukan melalui sekretariat beasiswa unggulan,” katanya kemarin.

Tiap beasiswa memiliki ketentuan dan persyaratan tersendiri yang bisa dilihat pada panduan melalui portal beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id. Salah satu peraih beasiswa unggulan tahun 2011, Nana Riskhi Susanti mengaku terbantu melalui beasiswa tersebut. Mahasiswa S-2 jurusan Ilmu Susastra Universitas Indonesia ini pernah meraih prestasi dalam kegiatan Tarung Penyair Panggung se-Asia Tenggara 2011 dan mendapatkan dukungan dari Biro PKLN Sekjen Kemdikbud.

”Saat itu saya ajukan melalui pemberkasan online dan pemberkasan fisik. Satu hal yang penting untuk disiapkan adalah proposal studi yang berisi rancangan calon kegiatan dan rincian biaya yang dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan/studi tersebut,’’ tuturnya.

Seleksi dilakukan dengan memperhatikan nilai akademis, prestasi/kejuaraan (bagi pemilih jenis studi lanjut), inovasi karya, dan kebermanfaatan (bagi pemilih program P3SWOT). Jangka waktu pengajuan tahun 2012 berlangsung 1 Januari - 31 Desember 2012. (K3-37)



Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER