panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekonomi & Bisnis
23 Agustus 2012
Indonesia Bisa seperti Yunani
  • Manajemen Utang Perlu Diubah
JAKARTA - Total utang pemerintah hingga Juli 2012 mencapai Rp 1.950,08 triliun, atau naik Rp 146,59 triliun dari posisi akhir 2011.

‘’Jika dibiarkan terus meningkat tak terkendali, kita bisa bernasib sama seperti Yunani,’’ tutur Arif Budimanta, Direktur Megawati Institute, kemarin.
Ia menilai masyarakat Indonesia tidak memperoleh manfaat yang signifikan dari pertambahan utang pemerintah tersebut.

Kualitas belanja yang berasal dari utang itu, lanjut dia, tidak dirasakan oleh rakyat. Harga pangan tidak stabil dan cenderung menggerus daya beli.
Infrastruktur juga belum berkualitas serta soal kemiskinan di pedesaan sudah sampai pada tahap kronis.
Menurut dia, sebagian besar utang pemerintah hanya digunakan untuk sektor keuangan dan tidak sebanding dengan alokasi sektor riil yang manfaatnya jauh lebih terasa.

Sebanyak 39,6% utang luar negeri Indonesia, kata dia, dipergunakan untuk sektor keuangan dan hanya 9,3% untuk perbaikan listrik, gas, dan air bersih.
Lalu, 4,7% dipakai untuk angkutan dan komunikasi, sedangkan sektor pertanian yang terkait langsung dengan ketahanan pangan hanya mendapat bagian 3%.

Membahayakan

Anggota Komisi XI DPR RI itu menyatakan kondisi utang pemerintah saat ini telah membahayakan likuiditas fiskal. Utang tersebut tidak berdasarkan pada program yang jelas.
Jika terus dibiarkan meningkat, Indonesia bisa terperangkap krisis utang sebagaimana Yunani dan beberapa negara Eropa lainnya.

“Kalau berlangsung terus dan pemerintah tidak mengubah manajemen utang dari bersifat gelondongan ke berbasis program, bisa saja kita masuk dalam putaran krisis seperti yang terjadi di Eropa,” tandasnya.(bn,dtc-29)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER