panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Kedu
23 Agustus 2012
Bus Angkutan Umum Tak Diminati
MUNTILAN- Sejumlah agen bus di Terminal Drs Prajitno Muntilan mengeluhkan sepinya penjualan tiket untuk arus balik Lebaran 2012. Jika tahun lalu, Lebaran ketiga sudah ramai, namun tahun ini masih relatif sepi.
“Tahun lalu ada 87 bus carteran untuk mengangkut pemudik kembali ke kota besar. Saat ini baru ada beberapa bus carteran saja. Di Terminal Kota Magelang juga sama saja,” kata pemilik agen bus ABBK Abu Bakar (50), kemarin.

Abu Bakar mengatakan, kondisi ini disebabkan menurunnya jumlah pemudik akibat liburan sekolah dan Lebaran yang berdekatan. Pada bulan Juli lalu banyak perantau asal Magelang yang pulang kampung. Diduga mereka memilih tidak pulang pada Lebaran tahun ini.

Selain itu, kata Abu Bakar, banyak perusahaan di Jabodetabek yang menggelar program mudik gratis. Hal ini membuat perantau yang biasanya mudik dengan angkutan umum beralih ke mudik gratis.
“Apalagi sekarang lagi tahun ajaran baru sehingga para orang tua lebih mendahulukan kepentingan anak sekolah ketimbang mudik. Namun, untuk bus reguler permintaan tiket tetap tinggi,” ungkapnya.

Abu Bakar memperkirakan jumlah penumpang yang berangkat lewat Terminal Muntilan baru akan meningkat pada akhir pekan ini. Meski demikian jumlah penumpang diperkirakan tidak akan sebanyak tahun-tahun sebelumnya.
Agen bus Putra Remaja, Djarot menambahkan, penurunan jumlah pemudik ini juga dipengaruhi tingginya harga tuslah. Jika harga tiket patas normal untuk Muntilan-Jakarta ’hanya’ Rp 100 ribu maka kini membengkak menjadi Rp 250 ribu.(H66-28,15)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER