panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Perempuan
15 Agustus 2012
Ingin Kembali Suci
Tanya : Saya pegawai swasta, yang lima bulan lagi akan  pensiun. Saya punya lima anak,  sudah  menikah semua. Suami telah meninggal empat tahun lalu. Pada bulan Puasa ini, saya sadar telah banyak melakukan kesalahan.

Di kantor, saya menjadi salah seorang pimpinan yang menangani  kepegawaian. Dan saya pernah melakukan  kesalahan yang sekarang ini saya sesali. Di antaranya ada beberapa pegawai yang  saya pindah ke bagian lain atau diberhentikan, karena usulan dari beberapa orang yang ternyata didorong oleh  iri hati atas prestasi temannya.
Setelah tahu persoalan yang sebenarnya, saya menyesal telah mengambil tindakan yang  menimbulkan penderitaan bagi orang lain. Bahkan di antaranya ada seorang janda yang menanggung biaya sekolah anak-anaknya.

Saya ingin menebus kesalahan saya, tetapi bagaimana caranya.  Saya pernah mendengar ceramah  yang menyebutkan bahwa setelah menjalankan puasa wajib, maka manusia akan kembali suci.
Apakah  saya  cukup  dengan menjalankan puasa saja untuk bisa kembali suci atau ada amalan lain yang harus saya lakukan? ( Fina )

Jawab: Ibu Fina, setiap  manusia pernah melakukan kesalahan. Hanya berbeda dalam bentuk dan lamanya. Kalau di bulan Puasa ini, Ibu menyadari  kesalahan  yang pernah dilakukan pada masa lalu, semoga pertanda baik bahwa ibu mendapatkan petunjuk dari Allah untuk kembali ke jalan yang benar.
Karena banyak orang yang bersalah, tetapi tidak merasa bersalah, sehingga tidak bisa memperbaiki diri, bahkan terus menerus dalam kesalahan dan dosa.

Pada bulan Ramadan, peluang untuk membersihkan diri dari dosa terbuka lebar. Bagi pemeluk Islam yang melaksanakan puasa karena iman dan  mengharapkan keridaan Allah, serta menghidupkan malam Ramadan dengan shalat tarawih, maka akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah (Hadis riwayat Muslim).
Merujuk pada hadis tersebut, semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan Ibu Fina, karena Ibu melaksanakan puasa juga shalat tarawih dan telah menyesali kesalahan masa lalu.

Namun, karena kesalahan itu juga  menimbulkan penderitaan bagi orang lain, maka ibu perlu meminta maaf kepada orang- orang yang pernah menjadi korban dari keputusan ibu yang  salah/tanpa dicermati lebih dulu.
Permintaan maaf itu perlu diikuti langkah yang kongkret,  misalnya untuk  memperbaiki nama atau mengembalikan kepada posisi yang sepadan dengan kedudukan mereka sebelum tergusur .
Selagi masih dalam bulan suci, maka  tepat sekali untuk melaksanakan  tobat yang sungguh-sungguh kepada Allah, dan memperbaiki kesalahan terhadap sesama manusia.

Dengan demikian, Ibu melakukan tobat itu secara sungguh-sungguh, bukan hanya dalam lisan saja.       
Allah akan mengampuni dosa  orang yang melakukan tobat dengan sungguh-sungguh dan akan menghapuskan kesalahan-kesalahannya  (Alquran, Surat At Tahrim: 8).
Dengan terhapusnya kesalahan, maka jiwa dan batin akan bersih dan Insya Allah  Ibu akan termasuk dalam golongan orang-orang yang kembali pada fitrah/kesucian. (24)  

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER