panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
12 Agustus 2012
Parodi Prie Gs
Indonesia Gembira

JIKA kekayaan ritual Indonesia menjalar menjadi kekayaan sosial, negeri ini akan menjadi negara yang sempurna. Negeri ini tidak cuma akan saleh secara ritual, tetapi juga akan saleh secara sosial. Kemerduan azan di masjid-masjid akan setara dengan kesopanan di jalan raya. Ramainya orang bersedekah di  panti-panti asuhan dan anak-anak yatim, akan setara dengan keramaian menanam pohon dan membuang sampah pada tempatnya.

Sekarang ini, membuang sampah yang benar saja, masih menjadi persolaan bangsa. Hampir tak ada sungai yang tidak kotor oleh sampah. Siapa pembuang sampah sembarangan itu, bisa jadi mereka adalah juga pihak yang rajin beribadah dan berdoa.  Kalau memang begitu realitasnya, lalu terbaca jarak yang tegas antara dua kesalehan yang tidak nyambung.

Kita melihat bagaimana banyak mobil langsung membuang karcis tol begitu diterima. Bagaimana di taman-taman rekreasi, wisatawan bisa makan dengan meninggalkan begitu saja seluruh sampahnya. Bagaimana sejumlah lelaki, yang baru pulang umrah, bisa melingkar dan  meriung di lorong ruang tunggu keberangkatan bandara kelas satu sambil merokok dengan nikmatnya. Butuh mendatangkan petugas ekstra untuk membubarkan lingkaran unik ini.

Bagaimana sulit mengembalikan fungsi jembatan penyebarangan karena tak sedikit orang yang tetap memilih bertaruh dengan maut, membelah arus lalu lintas yang demikian berbahaya, sementara alat bantu jelas-jelas ada di atasnya. Betapa sulit meminta angkutan umum untuk berhenti mencari penumpang di tempat yang telah ditetapkan. Dan betapa tidak mudah menjaga trotoar agar tak dihuni lapak-lapak kaki lima pada akhirnya. Dan betapa tida mudah melihat kecepatan birokrasi kita untuk mencegah, tepat ketika pelanggaran itu masih sangat muda. Para polisi pamong praja akhirnya harus melakukan tugas pemindahan yang berat ketika deretan kaki lima itu telah demikian terlanjur dan telah berubah setara perkampungan padat. Tidak mudah memindah begitu saja ‘’kampung telanjur’’ itulah kenapa disebut penggusuran. Kalau pun bisa, biayanya pasti mahal sekali dan inilah penyebab banyak sekali uang pajak tidak mengalir ke kemakmuran melainkan hanya habis untuk biaya bongkar pasang kesalahan.

Kini, sulit menemukan rumah-rumah yang menyediakan air minum di pagar depan untuk para pejalan. Bisa saja ini perubahan budaya. Tetapi apa jadinya jika yang terjadi bukan perubahan kebudayaan melainkan abrasi kebudayaan, karena besar nian beda keduanya. Jika yang pertama hanya menyangkut perubahan ekspresi, yang kedua sudah  menyangkut perubahan subtansi. Substansinya ialah, tidak mudah lagi sekarang ini menemukan budaya saling memberi dan saling memercayai. Bukan tak ada, tapi tak mudah. Seperti ada kondisi yang memaksa kita semua untuk terlibat dalam permainan ini.

Kondisi ini harus secepatnya dicegah, karena sebetulnya ia relatif mudah. Jarak saleh ritual dengan saleh sosial itu harus didekatkan karena saleh ritual itu sesungguhnya cermin saleh spiritual yang masyarakat Indonesia amat berbakat atasnya. Cacat-cacat sosial itu sesungguhnya butuh gempuran sederhana. Ia seperti kampanye helm pada awalnya. Sulit di awal, tetapi akhirnya semua  orang patuh juga. Selalu ada pelanggaran, tapi jumlahnya tak seberapa. Jadi jelas, jawabnya adalah kedaulatan hukum. Inilah satu-satunyan cara agar yang saleh ritual itu sekaligus menjadi saleh sosial. Jika itu yang terjadi, Indonesia adalah negara yang lengkap lahir-batinnya. (62)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER