panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
09 Agustus 2012
LINTAS AKADEMIKA
Mahasiswa FK Undip Raih Dua Medali

SEMARANG - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Undip berhasil meraih dua medali dalam Indonesian Medical Olym­piad (IMO) 2012. Medali perak dan pe­runggu itu diraih dari cabang lomba kardiorespirasi dan gastroenterohepatologi.

Kepala UPT Humas Undip Agus Nar­yoso mengatakan, IMO merupakan olim­piade kedokteran terbesar antaruniversitas yang diadakan pertama kali di Indonesia.

Kegiatan ini juga mendapat  perhatian dari International Federation of Medical Students Associations (IFMSA) se­hingga berpeluang untuk menjadi kompetisi kedokteran bertaraf internasional. ”Olimpiade ini diikuti 326 peserta yang terdiri atas 38 tim untuk cabang kardiorespirasi, 38 tim cabang gastroenterohepatologi, 27 tim cabang muskuloskletal, 20 tim cabang urologi-reproduksi, dan 25 tim pada cabang neurologi,” ujarnya.

IMO pertama itu diselenggarakan di Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, belum lama ini. Dalam ajang itu, lanjutnya, FK Undip mengirimkan 10 orang dalam lima tim yang berlaga di lima cabang.

Mereka adalah David Hani Kartadi dan Ihsan Fadilah (cabang muskuloskeletal), Raras Rachmandiar dan Eko Budi­dhar­maja (cabang gastroenterohepatologi), Samuel Raditya W dan Nida Hanifah N (cabang Kardiorespirasi), Rahmawati dan Firdawati (cabang Neurologi), juga Nur Ade Oktaviyanti dan Aisyah Nur Pratiwi (cabang urologi-reproduksi). (J9-60)


Tasya Raih Perunggu di IMC 2012


SEMARANG - Siswa SMP Maria Mediatrix Semarang, Maranatha Florensia Wijaya (14), berhasil membawa pu­lang medali perunggu dari ajang International Mathematic Com­petion (IMC) 2012 di Tai­pei, Taiwan, akhir Juli lalu. Siswi kelas IX ini telah me­nak­lukkan puluhan soal Mate­matika pada kompetisi tersebut dengan tantangan yang tersulit di materi kombinatorika.

Ajang kompetisi mata pelajaran Matematika yang diselenggarakan tiap tahun ini diikuti 28 negara dengan 700 peserta dari seluruh dunia. Indonesia mengirimkan delapan siswa yang telah lolos seleksi pada kompetisi sebe­lum­nya, seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Tasya —panggilan akrab dari Maranatha— menuturkan, kompetisi selama enam hari itu dibagi dalam beberapa tahap. Di antaranya kontes individual, tim, dan grup.

”Pada kontes individual terdapat 12 soal isian singkat dan tiga soal uraian. Pada kontes tim ada 10 soal yang dikerjakan secara berkelompok. Pada kontes grup ini tiga nilai tertinggi dalam satu kelompok dirata-rata,” jelas gadis kelahiran Semarang 17 Maret 1998 itu.

Menurut Tasya, soal yang dilombakan pada IMC 2012 itu berbeda dari pelajaran Mate­matika di sekolah. Sebab, tidak hanya mengaplikasikan dan menghafal rumus. Apalagi diban­ding soal tahun sebagai latihan pada tahun ini bobotnya juga lebih sulit.

”Saya kaget bercampur se­nang karena termasuk menjadi juara meski hanya meraih perunggu,” ungkap Tasya yang sebelumnya juga pernah turut dalam kompetisi internasional saat duduk di bangku SD.

Putri kedua dari tiga bersau­dara pasangan Agus Budiono dan Dwi Agus Diani ini menuturkan, ketertarikannya pada ilmu Matematika ini karena mata pelajaran tersebut selalu membuatnya penasaran untuk menyelesaikan setiap soal.

Setelah dikerjakan, tidak sekadar tahu jawabannya ke­mu­dian selesai karena selalu ada pengembangannya. (K3-60)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER