panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
08 Agustus 2012
Puluhan Universitas Luar Negeri Ikuti Pameran Pendidikan
SEMARANG - Ratusan pelajar dan orang tua siswa memadati pameran pendidikan internasional 2012 yang digelar oleh Alfalink di Hotel Novotel Semarang, Minggu (5/8). Pameran diikuti lebih dari 30 universitas dari negara-negara di seluruh dunia, dari Australia, Singapura hingga Amerika Serikat.

Dalam pameran tersebut perwakilan dari beberapa universitas terkemuka hadir seperti Monash University, University of Melbourne, Curtin University, UCSI University, Uni of Massachussets, dan universitas dari negara-negara di Asia seperti Nilai University Malaysia dan TMC Academy Singapura.

”Pameran sengaja digelar awal tahun akademik agar para siswa ataupun orang tua bisa menentukan pilihan apabila ingin kuliah di luar negeri,” jelas Direktur Alfalink Semarang Imam P Santoso, di sela-sela pameran, kemarin.
Yang menarik, kata Imam, minat institusi atau universitas yang ikut pameran juga meningkat dibanding pameran tahun lalu. Misalnya, ada Private University dari Belanda dan sekolah fashion design terkemuka, yakni Instituto Marangoni Study Center. ”Tahun kemarin, peserta pameran tak lebih dari 30 universitas,” ujarnya.

Menurutnya, baik Semarang maupun kota-kota lain di Jawa Tengah seperti Solo dan Purwokerto menjadi salah satu pasar potensial bagi lembaga pendidikan di luar negeri. Karena itu, kota ini dipilih sebagai salah satu tempat pameran. ”Dari pameran-pameran sebelumnya, minat untuk bersekolah di luar negeri selalu meningkat,” ujarnya.

Data Akademis

Imam menambahkan, dalam pameran ini para pelajar yang membawa data akademis seperti rapor atau transkip nilai dapat mendaftar dan dinilai secara langsung untuk masuk ke universitas atau college yang diinginkan.
”Memang, ada beberapa universitas yang mensyaratkan standar nilai tertentu, tetapi paling tidak pengunjung bisa menentuka pilihan dari awal, mana yang sesuai dengan minat dan kemampuan,” ujarnya.

Beberapa siswa yang ditemui menyatakan berminat sekolah di universitas negeri jiran seperti Malaysia dan Singapura. Alasanya, biaya sekolah ataupun biaya hidup di kedua negara itu tidak berbeda jauh dari Jakarta.
”Saya dapat informasi, makan di Malaysia sekitar Rp 10.000 sekali makan, kemudian biaya apartamen atau kos juga tidak jauh beda dari Jakarta,” ujar Wulan, siswa salah satu SMA favorit di Magelang. (G2-60)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER