panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekonomi & Bisnis
03 Agustus 2012
Sido Muncul Ekspor Perdana Pupuk Bioorganik
UNGARAN- Setelah setahun melewati berbagai uji, akhirnya pupuk bioorganik produk PT Nutrend Internasional, anak
perusahaan PT Sido Muncul diekspor ke Amerika Serikat, kemarin. Untuk ekspor pedana berupa satu kontainer pupuk cair merek O-MEGA Fertilizer senilai 47.000 dolar AS.

Menurut Dirut PT Sido Muncul Irwan Hidayat, pupuk bioorganik untuk tanaman itu dihasilkan dari hasil samping produk jamu dengan cara fermentasi dan diambil cairannya. Pupuk ini memiliki kelebihan dibandingkan pupuk organik biasa. Selain ramah lingkungan, di dalam pupuk itu terdapat mikroba yang bermanfaat bagi tanaman.

Karena diperkaya mikroba yang menguntungkan bagi tumbuhan, berupa nutrisi essential dan bio protectant yang berasal dari bahan jamu, maka pupuk ini bermanfaat meningkatkan hasil panen dua kali lipat.
Selain itu, pupuk ini juga memperbaiki sifat kimia dan biologi tanah, merangsang pertumbuhan tananaman, meningkatkan daya tahan tumbuhan terhadap serangan hama maupun penyakit.

‘’Yang terpenting, pupuk ini mampu menghasilkan panen dua kali lipat. Contohnya, pada tanaman padi dengan memakai pupuk bioorganik ini mampu menghasilkan sekitar 14 ton padi/hektare, padahal kalau memakai pupuk biasanya hanya 7-8 ton,’’ ujarnya.

Pupuk Cair

Dia menambahkan, kalau di Indonesia, pupuk itu diberi label Herbafarm, tetapi untuk pemasaran ke luar negeri bermerek O-MEGA Fertilizer.  Sedangkan distribusi dikelola PT Nutrend Internasional. Setiap satu kemasan dengan botol plastik berisi satu liter pupuk cair.

‘’Pemasaran ke Amerika ini untuk meningkatkan penjualan juga untuk menumbuhkan semangat memasarkan produk ini. Ekspor ini menjadi bukti pengakuan negara maju terhadap produk Indonesia, jadi kita harus bangga,’’ katanya setelah prosesi penguntingan pita dan pemecahan kendi, di Pabrik PT Sido Muncul, Bergas, Kabupaten Semarang.
Komisaris PT Nutrend Internasional David Hidayat mengatakan, salah satu diuji pupuk untuk tanaman strawberry. Tanaman strawberry yang memakai pupuk bio organik ini buahnya lebih besar daripada tanaman yang memakai pupuk biasa.

Dia menambahkan, selain itu pupuk OMEGA Fertilizer juga sudah memiliki sertifikat Omri dan CDFA yang merupakan persyaratan masuknya produk organik ke AS. Pupuk ini merupakan pupuk organik pertama Indonesia yang memperoleh sertifkat itu. Selain itu, pupuk ini juga telah memiliki sertifikat yang diakui Uni Eropa. Karena itu, dalam waktu dekat ini, PT Nutrend Internasional juga akan mengekspor pupuk ke Uni Eropa. (D14-79)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER