panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Solo Metro
03 Agustus 2012
Penyelesaian Gapura Makutha Molor

SOLO - Penyelesaian pembangunan Gapura Makutha, kembali molor dari deadline yang ditentukan, yakni 31 Juli. Hingga, Kamis (2/8), pembangunan gapura tak kunjung selesai.

Terkait hal itu, kalangan legislatif meminta Pemkot menjatuh­kan sanksi pada PT Rizki Adi Perkasa (RAP), investor pembangunan gapura, karena tak bisa menyelesaikan pembangunan sesuai deadline.

Pembangunan gapura sudah berjalan hampir dua tahun, sejak dimulai pada akhir 2010. Mestinya, pembangunan selesai pada pertengahan 2011.

Wakil Ketua DPRD Surakarta, Supriyanto mengatakan, Pemkot terkesan tidak tegas dalam menjalankan nota kesepahaman pembangunan gapura. Sebab, pembangunannya tak kunjung rampung sampai sekarang, namun investor tidak dijatuhi sanksi.

“Sudah ada tiga adendum atau perubahan kesepakatan kerja sama, terkait pembangunan karena tak juga rampung. Adendum terakhir menyatakan, batas waktu pembangunan 31 Juli. Tapi nyata­nya belum rampung juga. Investor harus diberi sanksi. Pemkot juga bisa menghentikan pembangunan, karena penyelesaiannya tak sesuai jadwal,” tegasnya.

Mantan Ketua Panitia Khusus (Pansus) Gapura Makutha, Teguh Prakosa mengatakan, investor harus membayar denda karena tak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai batas waktu. “Saya tidak tahu besar dendanya. Kewenangan itu ada di eksekutif  yang menandatangani nota kesepahaman dengan investor,” tuturnya.

Secara materi, Pemkot memang tidak dirugikan dengan molornya pembangunan. Justru yang rugi investor, karena masa pengelolaan mereka terhadap videotron yang dipasang di gapura berkurang. “Masa pengelolaannya kan 10 tahun. Sekarang, pembangunannya sudah dua tahun belum rampung. Berarti pengelolaan mereka tinggal delapan tahun,” imbuhnya.

Kunjungan Presiden

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Suharto menerangkan, Pemkot telah mendapat penjelasan dari kontraktor pelaksana proyek, seputar keterlambatan penyelesaian pembangunan gapura tersebut.

“Kontraktor beralasan, pengerjaan proyek gapura Makutha terpaksa ditunda beberapa hari, karena Jalan Adi Sucipto harus steril, terkait kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Solo, belum lama ini,” kata dia.

Kunjungan yang dimaksud adalah kehadiran Presiden dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-78 Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Stadion Manahan, 16 Juli lalu. “Karena itu sebelum melangkah lebih jauh, kami meminta mereka memberikan keterangan tertulis terlebih dahulu, terkait perintah penghentian proyek tersebut dari pihak kepolisian.”

Di sisi lain, kuasa direksi PT RAP,  Agus Rulyanto Wibowo menjamin, pengerjaan gapura tersebut bakal segera rampung. “Saat ini tinggal memasang ornamen pelengkap gapura saja. Karen itu, kami berniat meminta perpanjangan waktu guna menyelesaikan proyek tersebut,” terang dia. (H44,H73-76)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER