panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Teknologi
30 Juli 2012
Update Info Iptek
Sajadah Bisa Menyala

DI bulan suci Ramadan yang penuh berkah dan ampunan, dapat dipastikan banyak kaum muslim yang membentangkan sajadah.  Saat ini sajadah telah menjadi perangkat penting dalam menunaikan shalat. Tidak heran bila sejumlah desainer berlomba menciptakan berbagai model sajadah dengan memanfaatkan teknologi mutakhir. Salah satunya sajadah canggih yang dijuluki El-Sajjadah. "El" adalah singkatan dari electro luminescent dan sajjadah (bahasa Arab) berarti tempat sujud.

El Sajjadah sangat ringan dan dilengkapi dengan kompas elektrik. Dan yang menarik, jika sajadah ini terhubung secara koordinat dengan Makkah, maka seluruh permukaan sajadah ini akan menyala sehingga pengguna tak perlu bingung menentukan arah kiblat.

Warna Hitam

Menurut Mashable.com, El Sajjaddah merupakan karya inovasi desainer  asal Inggris bernama Soner Oznez, menggabungkan kompas digital yang membantu menerangi dalam mencari arah kota Makkah.  Sajadah unik ini dibuat dengan memanfaatkan teknologi electro luminescent sehingga bisa menyala di tempat gelap.

Soner mengaku, awalnya berniat membuat teknologi karpet terbang, namun dalam prosesnya berubah pikiran dan menciptakan sajadah ini agar bisa membantu kaum muslim dalam melakukan shalat.

EL Sajjadah memiliki warna dominan hitam dan sangat fleksibel karena dapat digantung apabila sedang tidak digunakan. Oznez mendesain sajadah ini dengan menambahkan baterai yang dapat diganti untuk menghidupkan cahayanya. Sampai sekarang, Oznez telah memamerkan hasil karyanya tersebut di Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Austria, Turki, Kuwait, Jepang dan Korea Selatan.

Meskipun masih berupa prototipe, namun sajadah ini telah mendapatkan hak paten agar tidak ditiru oleh pihak lain. Belum diketahui pasti, kapan EL Sajjadah akan dipasarkan secara global dan berapa harganya. Jika  sajadah tersebut dipasarkan di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim, kemungkinan besar mendapat sambutan hangat.  (Kawe Shamudra, penulis lepas, tinggal di Batang-24)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER