panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekspresi Suara Remaja
28 Juli 2012
Cekidot!
Nobar Nggak Bisa Bubar

Beberapa waktu lalu, kita sempat dihebohkan oleh kesemarakan perebutan Piala Eropa 2012. Euforianya begitu jelas lantaran nggak sedikit orang meriuhkannya dengan nobar. ''Eh, yuk, nanti nobar di kafe X!'' atau ''Wah, gila, nobar semalam seru banget. Ramai, Coy!''

Hmm, buat orang yang nggak suka dengan bola mungkin kurang begitu familiar dengan kata ''nobar''. Hmm, nobar itu apa, sih? Sekilas kok terdengar seperti kobar, kobar api. Ahihihi.

Eits, tapi yang dimaksud bukan itu, Kanca Muda. ''Nobar'' merupakan singkatan dari nonton bareng bareng alias nonton beramai-ramai. Aktivitas ini merupakan aktivitas berkumpulnya orang-orang baik individu (belum saling kenal satu sama lain) maupun komunitas untuk menyaksikan suatu acara tanpa langsung melihatnya di tempat kejadian perkara (TKP).

Yups, medium yang paling sering digunakan untuk menonton bersama adalah televisi besar atau dengan layar lebar seperti LCD (Liquid Crystal Display). Lalu, tempat yang paling sering dijadikan tempat nobar biasanya warung kopi, kafe, restoran, bahkan hingga pos kamling.

Nah, contoh penggunaan kata ''nobar'' yang paling sering banyak digunakan adalah untuk menyaksikan suatu kompetisi olah raga atau bisa juga nonton film. Semisal, nobar pertandingan sepak bola, nobar moto GP, nobar film terbaru Spiderman, dan lain-lain.

Berbeda jika dibandingkan dengan menonton bersama bareng keluarga atau hanya dengan pacar saja, nobar memiliki sensasi menonton yang berbeda. Pastinya suasana terasa lebih seru dan ramai. Bisa teriak-teriak en berjingkrak girang bareng atau menyanyikan lagu-lagu kebesaraan tim secara bersama-sama.

Pergeseran Makna

En terlepas dari semua itu yang bikin nobar makin asyik adalah setelah pertandingan usai kita bisa saling ngobrol, bercanda atau bahkan saling tukar pikiran dan berdiskusi tentang pertandingan yang telah disaksikan bersama. Hmm, jadi makin erat, deh, tali silaturahminya.

Dan yang lebih utama, nobar bisa mempertemukan orang yang tadinya nggak saling kenal jadi kenal. Menikmati kebersamaan menyaksikan tim kesayangan berlaga bersama orang lain bikin sensasinya lebih ngeh di hati. Kendati tim kesayangan berada nun jauh disana tapi rasa memiliki dan rasa sayang akan makin terasa saat kita menyaksikan secara bersama-sama. Betul, nggak?

Oh iya, nobar itu apa cuma bisa dipakai untuk menyebut nonton bareng dengan menggunakan medium perantara seperti televisi atau layar lebar? Kalau nonton bareng langsung di TKPgimana? Bisakah disebut nobar juga? Hehehe.

Yups, kata bareng kalau dirujuk ke KBBI itu lebih memiliki arti bersamaan waktunya, bukan bersamaan tempatnya. Jadi, frase ''nonton bareng'' tidak dipakai ketika kita menonton suatu acara pertandingan secara langsung. Oke, coba simak contoh kalimat berikut, ''Yuk, nobar final di Senayan!'' Jarang kamu dengar ajakan kayak gitu, kan? Ehehehe.

Padahal jelas, ketika berlangsung pertandingan bulu tangkis atau sepak bola di Senayan, orang pasti menonton berbarengan, baik waktu maupun tempatnya. Tapi, ya, itu tadi, bareng hanya mengacu pada bersamaan waktu.

Contoh lain, deh. Kamu lebih sering mendengar kata ''buber'' (buka bersama) dibanding dengan ''bubar'' (buka bareng), kan? Ya, karena momentum buka biasanya dilakukan bersama-sama di waktu dan tempat yang sama. Gimana, Kanca Muda? Bisa dipahami, kan? Hehehe. (62)

Ike Purwaningsih



Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER