panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Kedu
24 Juli 2012
TAMU KITA
Hafalkan Alquran

USIANYA masih muda, namun Ajeng Ritma Frisnanda Chasanovia (12) sudah menorehkan prestasi. Dialah satu-satunya anak yang dipercaya untuk menyanyikan album lagu daerah Wonosobo. Dia menguasai lagu keroncong, lagu religi dan pada Ramadan ini mulai menghafalkan Alquran.

Penyanyi cilik yang biasa dipanggil Frisnanda ini berkibar di dunia tarik suara karena memang mempunyai bakat yang memadai. Di samping itu, kemampuan qiroahnya juga handal yakni terakhir keluar sebagai juara 1 MTQ Pelajar 2012 se Wonosobo yang digelar pada 17 Juli lalu.

Saat ditemui Frisnanda mengaku menyanyi adalah kegiatan menyenangkan. Menurutnya, yang paling disukai adalah langgam Jawa.

"Aku suka menyanyi Jawa dan semua lagu. Sekarang ini mulai belajar tilawah," katanya.

Didampingi oleh mantan juara tilawah tingkat nasional Anis Faik Lukman Nafi, yang juga kakak kandungnya, dia rajin belajar tilawah dan mulai menghafal Alquran. Frisnanda mengatakan, bulan Ramadan ini akan dijadikan awal yang baik untuk memperdalam ilmu agama.

Pada seleksi tilawah quran (STQ) se Wonosobo untuk ketegori umum, Frisnanda juga keluar sebagai juara 1. Dengan prestasi itu, pada bulan Agustus mendatang dia mewakili daerah maju lomba MTQ tingkat provinsi di Semarang dan lomba STQ di Solo.

Frisnanda tergolong pekerja keras karena sejak masih duduk di kelas dua SD mulai berlatih menyanyi. Saat masih duduk di bangku TK Pertiwi Sapuran dia suka menonton televisi dan menirukan lagu-lagu.

Dia bahkan tidak sungkan untuk memutar kaset maupun video lagu untuk menirukan liriknya.

Siapkan Rekaman

Ia beberapa kali juga menyabet gelar juara menyanyi cilik. Terakhir, pada tanggal 20 Maret 2011, dia meraih juara satu kategori menyanyi pada lomba Jawara "Aku Bisa" se Kabupaten Wonosobo. Di bulan puasa ini dia masih sibuk memenuhi undangan menyanyi religi di berbabagi kecamatan.

Anak pasangan M Solikhin SAg dan Retno Windriati SPd rajin latihan di rumah maupun di studio untuk menyiapkan  rekaman album. Orang tuanya, M Solihin mengatakan, kemampuan menyanyi anaknya tersebut adalah hasil kreatifitasnya sendiri sejak kecil.

"Dia suka menyanyi. Lagu apa saja dia cepat menguasainya," katanya, saat ditemui di rumahnya Jalan Lingkar No 16 Madukoro, kemarin (21/7).

Frisnanda juga tergolong anak kecil yang sibuk. Selain berlatih menyanyi, dia pun ikut les berbagai mata pelajaran supaya tak ketinggalan dengan siswa lain. Terbukti, siswa kelas 6 SDN 10 Wonosobo ini mampu mempertahankan nilai rata-rata 9.

Hingga saat ini cewek kelahiran 7 Mei 2001 ini mampu menghafalkan sebanyak 500 judul lagu. Aksi manggungnya di beberapa even tergolong padat karena setiap ada acara rujukan penyanyi cilik pasti adalah Frisnanda.

Dalam menyempurnakan kemampuannya menyanyi, ia juga mampu menguasai alat musik orgen sembari menyanyi lagu-lagu dangdut, pop dan langgam Jawa yang disukainya.(Edy Purnomo-28)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER