panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Teknologi
23 Juli 2012
Aplikasi Kuantum dalam Komputer
Teknologi terus mengalami perkembangan. Setiap waktu, teknologi semakin canggih, komunikasi semakin mudah, teknologi informasi semakin lengkap, dan akses data semakin cepat.

Tak heran jika setiap orang akan selalu mengikuti perkembangan teknologi dan memilih untuk mencari yang paling efektif dan efisien. Komputer sudah bukan hal yang tabu lagi bagi setiap manusia. Aktivitas yang ada, tidak lepas dari komputer. Olah data, akses data, sampai dengan pemprograman, semua menggunakan teknologi komputer.

Kita tentu akan lebih memilih komputer yang memiliki kecepatan paling tinggi. Jika kita lihat, komputer-komputer yang ada saat ini sudah mencapai kemampuan yang sangat mengagumkan. Tetapi kedahsyatan komputer tercanggih yang ada saat ini pun belum bisa memuaskan keinginan manusia yang bermimpi untuk membuat superkomputer yang benar-benar memiliki kecepatan super.

Teknologi Supercepat

Mimpi itu tak lama lagi akan menjadi sebuah kenyataan. Bagaimana caranya? Ilmuan fisika (Paul Benioff) telah mengaplikasikan teori fisika kuantum di dunia komputer tahun 1981.  Kemudian sekelompok fisikawan di National Institute of Standards and Technology (NIST) di Colorado, USA, telah berhasil merancang suatu alat yang dipercaya akan membawa manfaat praktis untuk membangun komputer kuantum yang keberadaannya telah lama dinantikan.

Menurut Dr Ngurah Made Darma Putra MSi (dosen mata kuliah Fisika Kuantum, Unnes) menjelaskan bahwa suatu partikel bisa berada dalam dua keadaan sekaligus dan inilah yang disebut dengan keadaan superposisi.

Berpijak dari prinsip superposisi, para ilmuan mencoba mengaplikasikan pada teknologi komputer. Dalam komputer kuantum, selain 0 dan 1, dikenal pula superposisi dari keduanya. Ini berarti keadaannya bisa berupa 0 dan 1, bukan hanya 0 atau 1 seperti di komputer digital biasa. Komputer kuantum tidak menggunakan Bits tetapi Qubits (Quantum Bits). Karena kemampuannya untuk berada di bermacam keadaan (multiple states), komputer kuantum memiliki potensi untuk melaksanakan berbagai perhitungan secara simultan sehingga jauh lebih cepat daripada komputer digital.

Dalam komputer kuantum, keadaan superposisi terjadi pada saat proses perhitungan sedang berlangsung. Sistem perhitungan pada komputer kuantum ini berbeda dari komputer digital. Computer digital melakukan perhitungan secara linier, sedangkan komputer kuantum melakukan semua perhitungan secara bersamaan (karena ada multiple states,  semua perhitungan dapat berlangsung secara simultan di semua keadaan). Ini berarti ada banyak kemungkinan hasil perhitungan. Dengan sistem pararelisme perhitungan ini, kita bisa membayangkan betapa cepatnya komputer kuantum.

Para ilmuwan mengatakan, komputer digital yang paling canggih saat ini (setara dengan computer kuantum 40 qubit) memiliki kemampuan untuk mengolah semua data dalam buku telepon di seluruh dunia dalam waktu satu bulan, jika menggunakan komputer kuantum proses ini hanya memerlukan waktu 27 menit.

Menurut sebuah penelitian, teknologi komputer yang ada saat ini telah mencapai 7 qubit, namun beberapa tahun mendatang, teknologi ini akan mencapai 100 qubit. ''Bayangkan saja, ketika komputer kuantum telah terwujud, manusia yang seharusnya membutuhkan berbulan-bulan, bertahun-tahun, bahkan berabad-abad untuk melakukan perhitungan, kini dengan komputer kuantum hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja,'' ujar Herlambang Saputra, salah satu peneliti dari Politeknik Negeri Sriwijaya.

Ilmuwan fisika mengatakan bahwa pada masa mendatang kita akan menggunakan komputer yang tidak lagi tersusun dari transistor-transistor mini seperti sekarang.

Komputer kuantum tidak lagi memerlukan chip komputer yang semakin lama semakin padat karena semakin berlipatgandanya jumlah transistor yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja komputer.

Teknologi baru ini membuka pintu pada banyak kemungkinan yang baru, suatu teknologi baru, lebih efektif, dan lebih efisien. (24)


- Mamila Ziyyit Tuqo, mahasiswa Fisika Universitas Negeri Semarang.


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER