panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
20 Juli 2012
Perangkat Belum Dilantik, Warga Geruduk Balai Desa

DEMAK- Sejumlah warga dan calon perangkat Desa Cangkring B Kecamatan Karanganyar mendatangi balai desa, Kamis (19/7). Kedatangan mereka mempertanyakan tak kunjung dilaksankan pelantikan terhadap dua calon perangkat desa, meski pelaksanaan tahapan pengangkatan perangkat sudah berakhir beberapa bulan lalu.

Warga maupun  calon perangkat yang datang  membawa sejumlah dokumen penting.   ”Saya mempertanyakan kenapa dua calon perangkat desa yang salah satunya adalah anak saya tak kunjung dilantik oleh kades. Nasibnya hingga sekarang  terkatung-katung,” jelas Ulin Niam (51) seorang warga.

Disebutkannya, putranya yang bernama Inamurofiq maju mencalonkan diri sebagai Kebayan di Desa Cangkring B.  Setelah mengikuti tahapan seleksi, Inamurofiq dinyatakan lolos. Namun hingga sekarang, dia  belum dilantik.

Dia meminta Kades Zamharir, bersedia melantik putranya yang dinyatakan unggul nilainya dibanding calon lain.  

Sementara itu, calon perangkat Muntaha, yang juga belum dilantik, mengaku sempat muncul persoalan sehubungan tidak segera pelantikan. Persoalan itu berkaitan dugaan pemalsuan surat keterangan tidak pernah tersangkut masalah hukum dan tidak sedang dicabut hak pilihnya dari Pengadilan Negeri.

Menurut Muntaha, hal tersebut tidak memengaruhi apabila dijalankan pelantikan. Mereka yang diduga mencoba memalsukan surat sekaligus tidak pernah memakai surat itu untuk melengkapi syarat pendaftaran perangkat desa.

”Saya akhirnya mengurus secara resmi untuk bisa mendapat surat itu. Saya berharap kades bisa melantik kami secepatnya,” ucap Muntaha.

Kades Zamharir membenarkan, dirinya belum berani melantik dua orang perangkat menyusul muncul persoalan hukum terkait tahapan pengangkatan perangkat. Hal itu berkait dugaan penggunaan surat palsu.

Persoalan hukum menjadikan dirinya bersikap hati-hati untuk tidak melaksanakan pelantikan hingga kini.  Disebutkan, terdapat enam calon perangkat desa yang lolos tahapan seleksi. Empat perangkat, yakni Kadus Suyikno, Kaur Umum M Nasir Ulil Absor, Bayan  Nur Rokim, dan Ulu-ulu Sugiyono sudah dilantik. Adapun dua lainnya, Muntaha dan Inamurofiq, belum dilantik terkait proses hukum yang masih berjalan.

Terpisah Asisten I Sekda Kabupaten Demak H Harwanto mengemukakan, surat resmi dari Pemkab sudah turun. Dia meminta kades bisa melaksanakan yang tertuang dalam surat tersebut, yakni melantik dua calon perangkat desa. Disebutkan sesuai Perda No 3 Tahun 2011 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa yang berhak melantik calon perangkat adalah kades. (H41-64)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER