panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
14 Juli 2012
IFIS Dibuka Presiden dan 10 Menteri
SOLO- International Islamic Financial Inclusion Summit (IFIS) pertama digelar di Solo, 13-18 Juli 2012. Puncak perhelatan besar yang digelar Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) pusat itu direncanakan akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan sepuluh menteri Kabinet Indonesia Bersa-           tu (KIB) di Manahan, Senin (16/7).

”Kenapa kegiatan ini digelar di Solo? Karena populasi warga NU dan GP Ansor di Jateng cukup banyak setelah Jatim. Namun di Solo tidak begitu banyak.

Setelah kegiatan ini, kami berharap NU dan GP Ansor di Solo dan sekitar akan tumbuh dan berkembang,” kata Ketua Panitia Harlah ke-78 GP Ansor, Yaqut Cholil Quomas kepada sejumlah wartawan, Jumat (13/7).
Sejumlah agenda terkait dengan perekonomian digelar di berbagai tempat, selain hiburan dan agenda sosial.
Di Stadion Manahan, pada 14-18 Juli, ada ekspo keuangan mikro syariah dengan peserta baitul mal wattanwil (BMT), lembaga keuangan mikro (LKM) berbasis pesisir, UKM mitra BMT, perbankan, lembaga keuangan nonbank, bank BUMN, serta regulator industri keuangan (Bank Indonesia, Bapepam LK, Badan Kebijakan Fiskal, dan Kemenkeu).

Panitia juga menggelar konferensi internasional yang dikemas dalam bentuk seminar. Konferensi itu, kata Gus Yaqut, merupakan transfer pengetahuan dan informasi tentang berbagai hal.
Di antaranya regulasi, kebijakan, dan pengalaman praktik terbaik dalam inklusi keuangan dan pengentasan kemiskinan. Konferensi yang menghadirkan pembicara berskala internasional itu digelar 17-18 Juli di Diamond Convention Center.

Pembicaranya antara lain Darmin Nasution (Gubernur Bank Indonesia), Agus DW Martowardojo (Menteri Keuangan RI), Harry Azhar Azis dan Zulkieflimansyah dari Komisi XI DPR RI, Chairul Tanjung (Ketua Komite Ekonomi Nasional), Gatot M Soewondo (Direktur Utama BNI), Sofyan Basir (Direktur Utama BRI), Haryono Suyono, (Pendiri Yayasan Damandiri), dan Anika Faisal (Direktur Kepatuhan BTPN).

Peserta konferensi berjumlah 200 orang dari perwakilan negara-negara ASEAN, negara-negara D8, praktisi industri keuangan mikro, praktisi perbankan, praktisi industri nonbank, lembaga pemerintah, Bank Indonesia, pakar dan akademisi, dan lembaga swadaya masyarakat.

”Kami juga akan menggelar workshop lembaga keuang-              an mikro dan pasar murah,” kata dia.
Festival hadroh dan bedug juga digelar, tidak lupa salawat dan pagelaran wayang kulit.
Menurut dia, festival hadroh dan bedug di Stadion Manahan, 14-18 Juli itu dijadikan ajang kompetisi antargrup, apresiasi seni budaya, sekaligus sarana eduksi dan hiburan yang menarik bagi para tamu undangan dan masyarakat umum pengunjung.
”Apel Banser bersama Presiden RI akan menjadi puncak acara,” pungkasnya.(G8-77) 

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER