panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Wacana
10 Juli 2012
Titik Temu Nonteologis
  • Oleh Tazkiyyatul Muthmainnah

SELAMA satu dasawarsa ini, Indonesia, termasuk Jateng, diwarnai beragam konflik yang tak jarang hadir dalam bentuk kekerasan berlatar sentimen agama. Kasus bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton Solo pada 25 September 2011 menggambarkan realitas itu. Konflik atas nama agama akhirnya menimbulkan prasangka bahwa agama tak mampu menjadikan manusia saling mencintai tetapi justru menjadi sumber kebencian antarsesama.

Demi menepis berbagai praduga miring terhadap ketidakharmonisan antarumat beragama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Generasi Muda Jawa Tengah menggelar ”Kemah Pemuda Lintas Agama” di Kopeng Salatiga pada 10 -12 Juli 2012. Kegiatan yang akan dihadiri perwakilan pemuda dari 6 agama di provinsi ini merupakan upaya membina kerja sama, persatuan, dan persaudaraan antarumat beragama, khususnya di kalangan generasi muda.

Peserta kegiatan itu merupakan kaum muda, mendasarkan pada alasan mereka memegang peran penting dalam proses perubahan sosial keagamaan.

Usaha menciptakan kerukunan dan  toleransi beragama conditio sine qua non harus melibatkan mereka, bahkan menjadikannya pelaku utama. Dengan kata lain, wajah Indonesia yang harmonis dan toleran ditentukan oleh kepribadian, karakter, dan jati diri kaum muda.

Perkemahan itu merupakan wujud kesadaran dari FKUB Generasi Muda akan pentingnya kembali merajut simpul kerukunan umat beragama. Sejatinya, kehadiran forum itu mengandaikan adanya kesadaran kolektif umat agama-agama akan pesan ajaran suci agama mereka untuk menciptakan kehidupan penuh kedamaian.

Aktivitas tersebut merupakan wadah membangun dialog antariman yang membahas masalah-masalah, baik teologis maupun nonteologis. Dialog bukan dalam arti debat kusir keagamaan antarumat beragama melainkan kesediaan untuk belajar dan berbagi informasi, sharing pengetahuan dan pengalaman spiritual keagamaan.

Cairkan Kebekuan

Lebih jauh, kesediaan itu menuntut bagi tiap pemeluk agama untuk memahami siapa dan bagaimana mitra dialognya. Misalnya, seorang muslim seyogianya memahami penganut agama lain dan seterusnya. Kemah tersebut juga merupakan upaya mengeliminasi masalah yang berisiko mengancam tujuan dasar forum dalam membangun iklim kehidupan harmonis antarpemeluk agama.

Kendala itu misalnya klaim kebenaran pada tiap pemeluk agama, yang biasanya muncul pada wilayah antarumat beragama, bahkan di wilayah intern umat seagama. Maka yang perlu dilakukan para pemeluk agama adalah mencari titik temu di luar aspek teologis. Pada titik ini Kemah Pemuda Lintas Agama menjadi saluran tepat mencairkan kebekuan teologis, sebagai sebuah bentuk dialog konstruktif terkait dengan isu-isu kebangsaan, kemanusiaan, dan sebagainya.

Lewat perkemahan itu diharapkan terajut sebuah dialog antariman (interfaith) yang mendasarkan  pada prinsip-prinsip komunikasi rasional sebagaimana disebut Jurgen Habermas dengan the validity basis of speech. Prinsip-prinsip komunikasi itu meliputi empat hal yakni jelas, benar, jujur, dan betul.

Pertama; dialog mengandung tema jelas atau mudah dipahami sehingga peserta dialog bisa sama-sama mengerti satu sama lain. Kedua; tiap pribadi harus menggunakan pernyataan yang benar sehingga pendengar memahami maksudnya.

Ketiga; tiap pribadi mengekspresikan pandangannya secara jujur sehingga orang lain memercayainya. Keempat; tiap pribadi dituntut memakai ungkapan yang tepat  sehingga orang lain menerima pandangannya.

Apabila empat syarat komunikasi rasional itu bisa dipraktikkan, tak hanya dalam Kemah Pemuda Lintas Agama maka peluang dialog antariman akan berbuah pada wujud kehidupan sosial keagamaan yang berdampingan, dan kerja sama antarumat agama-agama tersebut. (10)

   

— Hj Tazkiyyatul Muthmainnah SKM, pengurus FKUB Generasi Muda Jateng Divisi Pelatihan dan Advokasi, Ketua I PW Fatayat NU Jateng


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER