panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
10 Juli 2012
Guru Dituntut Susun Rencana Pembelajaran Kreatif

SEMARANG - Seorang guru perlu menyusun rencana pembelajaran atau lesson plan yang kreatif. Sebab, rencana pembelajaran sebagai siklus pertama dari proses pembelajaran yang profesional adalah hal yang sangat penting.

Pakar Multiple Intelligences Munif Chatib mengatakan, ada  beberapa alasan mengapa guru harus membuat rencana pembelajaran. Yakni, alasan manajemen kerja.

Jika guru tidak membuat perencanaan dalam mengajar, maka sebenarnya guru merencanakan kegagalan mengajar dan waktu tidak bisa kembali.

”Selain itu, alasan konsekuensi profesi. Jika guru adalah profesi, maka harus ada dokumen kerja nyata yang dapat diukur, itulah rencana pembelajaran. Jika tidak, maka pekerjaan mengajar selama puluhan tahun tidak tercatat dan lenyap tiada arti,” katanya dalam Pelatihan Guru Berbasis Multiple Intelligences dengan tema ”Merancang Rencana Pembelajaran yang Kreatif” di Gedung Dharma Wanita Provinsi Jateng, belum lama ini. Pelatihan diikuti sekitar 400 guru PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA di Jateng.

Dia menjelaskan, alasan lainnya adalah pengembangan diri. Rencana pembelajaran adalah sumber pengembangan diri seorang guru, karena dari rencana pembelajaran dapat muncul buku ajar penelitian tindakan kelas dan buku populer pendidikan.

Di akhir acara peserta mengaplikasikan penyusunan rencana pembelajaran secara berkelompok sesuai tingkat satuan pendidikan tempat mereka mengajar, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA, serta mempresentasikan hasil kerja kelompok. (D9-37)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER