panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
10 Juli 2012
Dewan Sorot Dana Siluman Rp 90 M

SEMARANG- Nota keuangan APBD Perubahan 2012 dinilai janggal oleh DPRD Jateng. Terdapat angka-angka yang  berbeda dari hasil yang disepakati badan anggaran. Selisihnya mencapai Rp 90 miliar.

Sorotan utama ialah pada nilai pendapatan. Pada Kebijakan Umum Perubahan Anggaran - Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS), nilai pendapatan tercatat bertambah dari Rp 10,833 triliun menjadi Rp 11,283 triliun, atau naik Rp 449,52 miliar (4,15 persen). Tetapi angka yang sudah disepakati Banggar itu sudah berubah di nota keuangan. Di situ tercatat pertambahan nilai pendapatan dari Rp 10,833 triliun menjadi Rp 11,423 triliun, atau naik Rp 589,52 miliar (5,44 persen).

Juru Bicara Fraksi PPP, Abdul Aziz mengatakan, forum rapat Banggar hanya menyetujui kemungkinan perubahan kenaikan maksimal Rp 50 miliar. Artinya perubahan nilai pendapatan pada nota keuangan seharusnya maksimal Rp 449,52 miliar. Tapi nyatanya angka tercantum Rp 589,52 miliar atau naik Rp 140 miliar dari angka di KUPA-PPAS. “Itu artinya ada selisih sebesar Rp 90 miliar,” kata Aziz dalam sidang paripurna, Senin (9/7).

Undang Kecurigaan

Selisih dana siluman sebesar itu tidak dijelaskan secara transparan sehingga mengundang kecurigaan. Setelah dianalisis, Aziz menemukan perubahan nilai pendapatan terjadi terutama di sektor pajak daerah. Pendapatan sektor pajak di KUPA-PPAS tercatat Rp 5,133 triliun, tetapi di nota perubahan angkanya berubah menjadi Rp 5, 273 triliun.

Menurut Aziz, berubahnya nilai pendapatan tersebut berdampak pada alokasi belanja. “Pertanyaan kami, jika inisiatif kenaikan pendapatannya dilakukan dengan cara tidak benar, maka belanjanya pun otomatis memuat program dan kegiatan yang sulit dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Dikonfirmasi hal ini Gubernur Jateng Bibit Waluyo mengatakan baru akan menjawab secara resmi dalam sidang paripurna pada 19 Juli mendatang.

”Koreksi masukan harapan dan sebagainya untuk penyempurnan perubahan APBD, agar bisa mencapai target masyarakat semakin sejahtera,” tegas gubernur.(H68,J17-77)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER