panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
07 Juli 2012
Pendaftaran SM-3T Dibuka
SEMARANG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali merekrut ribuan peserta program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). Pendaftaran dibuka secara online pada 8-21 Juli.

”SM-3T merupakan bagian dari program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia yang diprakarsai Direktorat Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal PendidikanTinggi Kemdikbud. Dalam program ini para sarjana pendidikan direkrut, dipersiapkan, dan diterjunkan di wilayah pengabdian. Selain mengajar, mereka juga melakukan kegiatan kemasyarakatan,” ungkap Ketua Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Unnes Abdurrahman.

Tahun ini wilayah pengabdian meliputi sejumlah kabupaten di Provinsi Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan Papua.

”Selama mengabdi, setiap bulan mereka akan mendapat uang biaya hidup dan asuransi kesehatan. Setelah setahun mengabdi, mereka akan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan beasiswa penuh dari pemerintah,” katanya.

Menurut  Abdurrahman, tahun ini bersama 16 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) lainnya, Unnes kembali dipercaya merekrut, membekali, dan menerjunkan peserta SM-3T serta menyelenggarakan PPG untuk mereka.

”Berbeda dari tahun lalu, tahun ini pendaftaran dilakukan secara online di laman http://sm-3t.dikti.go.id. Saat pendaftaran, peserta cukup mengisi formulir yang disediakan dan mengunggah file ijazah serta foto,” kata Abdurrahman.

Seleksi Administrasi

Tahapan berikutnya adalah seleksi administrasi pada 23-25 Juli. Pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman jadwal tes online (26-27 Juli), tes secara online (1-4 Agustus), pengumuman hasil tes online dan jadwal wawancara (10 Agustus), wawancara (2-6 September), dan pengumuman hasil seleksi pada 15 September.

Abdurrahman juga mengatakan, beberapa syarat untuk mendaftar antara lain warga negara Indonesia, usia maksimum 28 tahun per 31 Desember 2012, lulusan S-1 kependidikan 2009, 2010, 2011, atau 2012 dari program studi terakreditasi (kecuali PGPAUD minimal sudah memiliki izin operasional) yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan serta IPK minimal 3,0.

Selain itu, berbadan sehat, bebas narkotika, berkelakuan baik, mendapatkan izin orang tua/wali, belum menikah, dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG yang yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai.  Peserta diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan. (ned-37)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER