panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
30 Juni 2012
Seleksi Mandiri Unnes Mulai 7 Juli
  • Biaya Sama dengan SNMPTN
SEMARANG- Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (SPMU) akan mulai dibuka pada 7 Juli 2012. Seperti tahun sebelumnya, pendaftaran jalur seleksi mandiri ini dilakukan secara online di laman spmu.unnes.ac.id.

Sebagaimana ketentuan yang berlaku secara nasional, perguruan tinggi boleh menyelenggarakan seleksi mandiri setelah SNMPTN berlangsung. Tanggal 7 Juli pembukaan pendaftaran SPMU bersamaan dengan pengumuman SNMPTN jalur tulis.

Ketua Panitia SPMU M Khafid mengatakan, pendaftaran jalur mandiri Unnes dibuka 7-21 Juli 2012. Melalui jalur tersebut Unnes membuka kuota sebanyak 1.879 kursi atau 20% dari daya tampung mahasiswa baru tahun 2012.

”Dari kuota 1.879 kursi itu masih tersedia 300 beasiswa Bidikmisi bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu,” ungkapnya, kemarin.

Tidak Naik

Biaya kuliah dan registrasi mahasiswa yang diterima dalam jalur SPMU, sama dengan mereka yang masuk melalui SNMPTN undangan dan tulisan. Tahun akademik ini Unnes juga tidak menaikkan biaya pendidikan. Sebaliknya, biaya kuliah malah turun karena mendapat Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Khafid menjelaskan, biaya pendidikan di Unnes untuk semua jalur nilainya sama, baik mahasiswa yang masuk melalui SNMPTN jalur tulis, jalur undangan, maupun SPMU. Besaran biaya kuliah senilai Rp 7.125.000 dan Rp 7.225.000 yang mencakup SPL, SPI, dan biaya lain-lain. Perbedaan nilai tersebut tergantung pada prodi yang ada di Unnes.

“Biasanya biaya perkuliahan di prodi eksakta memang lebih mahal, karena ada praktik yang akan dilakukan mahasiswa,” katanya.

Seleksi mandiri diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK tahun 2012, 2011, dan 2010. Khusus pendaftar Bidikmisi, hanya bagi lulusan 2011 dan 2012. Semua program studi S-1 dan D-3 yang dimiliki Unnes dibuka pada seleksi ini. Misalnya, Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi dengan konsentrasi Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PGPJSD) S-1.

Ada juga sejumlah program studi jenjang D-3, seperti Bahasa Jepang D-3, Desain Komunikasi Visual D-3, Survei Pemetaan Wilayah D-3, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Akuntansi, dan Manajemen Perkantoran. (K3-37)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER